Mantan Diplomat Indonesia Ple Priatna. Medcom.id/Theo
Mantan Diplomat Indonesia Ple Priatna. Medcom.id/Theo

ASEAN Berperan Penting Damaikan AS-Tiongkok

Theofilus Ifan Sucipto • 07 Agustus 2022 14:33
Jakarta: Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) dinilai berperan penting menjaga stabilitas kawasannya. Apalagi, kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan berpotensi membuat konflik.
 
“ASEAN menjadi pendulum untuk goyang supaya soft balance yang terjadi antara rivalitas AS dengan Tiongkok,” kata mantan Diplomat Indonesia Ple Priatna dalam Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Gagal Tekan Rusia, Amerika Kini Ganggu China,’ Minggu, 7 Agustus 2022.
 
Ple mengatakan jangan sampai ketegangan kedua negara merembet ke wilayah sekitarnya. Dia yakin diplomasi merupakan jalan terbaik untuk mendinginkan situasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sehingga konflik bisa dihindari dan dampaknya tidak akan besar,” papar dia.
 

Baca juga: Pemerintah Diminta Proaktif Ajak Dunia Terapkan One China Policy


 
Menurut Ple, ASEAN memiliki momentum tepat untuk melakukan diplomasi. Menteri Luar Negeri (Menlu) se-ASEAN tengah melakukan pertemuan di Kamboja.
 
“(Diplomasi) ini perlu kita lakukan dan jangan sampai terprovokasi,” tutur dia.
 
Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dan rombongannya tiba di Bandar Udara Songshan, Taipei, Taiwan, pada Selasa, 2 Agustus 2022 malam. Kedatangan itu membuat Tiongkok murka lantaran selama ini Tiongkok mengeklaim Taiwan adalah bagian dari wilayahnya.
 
Kedatangan Pelosi dinilai menjadi penegasan dukungan AS terhadap Taiwan. Pelosi juga merupakan pejabat tertinggi AS yang datang ke Taiwan dalam waktu 25 tahun terakhir.
 
(END)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif