Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

4 Gunung Api di Indonesia Level Siaga

Nasional gunung berapi
Sri Yanti Nainggolan • 31 Agustus 2019 07:41
Jakarta: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) melaporkan aktivitas gunung api periode Agustus 2019. Beberapa gunung mengalami erupsi dalam bentuk letusan dan guguran.
 
Terdapat 47 gunung api di level I (normal), 19 gunung api di level II (waspada), dan empat gunung api di level III (siaga). Tak ada gunung api di level IV (awas).
 
"Gunung Tangkuban Perahu (Jawa Barat) dan Gunung Slamet (Jawa Tengah) naik level dari I ke II," kata Kepala Sub Bidang Mitigasi Pengamatan Gunung Berapi di Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil dalam konferensi pers di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat, 30 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PVMBG juga melaporkan beberapa gunung mengalami erupsi letusan, yaitu Anak Krakatau (76 kali), Ibu (3.194 kali), Dukono (25 kali), Semeru (504 kali), dan Tangkuban Perahu (16 kali). Sementara, tiga gunung mengalami erupsi meleleh atau guguran yaitu Merapi (968 kali), Soputan (541 kali), dan Karangetang (3.731 kali). Tak ada korban jiwa dalam aktivitas gunung api tersebut.
 
"Erupsi di Merapi melambat, berbeda dengan tahun 2010," tambah dia.
 
Untuk masyarakat yang tinggal di area gunung api tersebut, Devy menyarankan untuk menggunakan masker abu dan siaga untuk menghadapi potensi ancaman bahaya hujan abu atau gas beracun di sekitar kawah.
 
Saat ini terdapat 127 gunung api di Indonesia dengan jalur 7.000 km dari Sumatra hingga Sulawesi Utara. Sementara itu, terdapat 4 juta masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif