Menteri Sosial Agus Gumiwang (tengah) saat berbincang-berbincang di Kantor Media Group, Kedoya, Jakarta. Foto: MI/Permana
Menteri Sosial Agus Gumiwang (tengah) saat berbincang-berbincang di Kantor Media Group, Kedoya, Jakarta. Foto: MI/Permana

Pengungsi di Jayapura Sudah Pulang

Nasional papua Kerusuhan Manokwari
Cindy • 13 September 2019 13:52
Jakarta: Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengeklaim warga yang meninggalkan rumah saat kerusuhan pecah di Jayapura, Papua, sudah pulang ke kediamannya masing-masing. Mereka sudah beraktivitas normal.
 
"Tidak ada lagi pengungsi yang selama ini ada di pangkalan-pangkalan militer dan angkatan laut," kata Agus di Gedung Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan (PMK), Jakarta Pusat, Jumat, 13 September 2019.
 
Kementerian Sosial (Kemensos) telah mengucurkan dana bantuan ekonomi Rp7,3 miliar. Bantuan menyasar 1.459 toko terdampak kerusuhan di Manokwari, Sorong, dan Fak-Fak di Papua Barat, serta Jayapura.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini bantuan stimulan sebesar Rp5 juta untuk setiap warung," ujar Agus.
 
Politikus Partai Golkar ini menjelaskan dana stimulan ini dicairkan demi meringankan beban pemilik toko. Dengan begitu, mereka bisa kembali memulai usaha agar perekonomian di Bumi Cenderawasih ikut pulih.
 
"Bisa dipastikan (penyaluran bantuan) akan tepat sasaran karena kami salurkan langsung kepada rekening dari penerima bantuan atau rekening pemilik toko tersebut," sambung Agus.
 
Kemensos bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk penyaluran dana itu. Pemilik toko yang belum memiliki rekening Mandiri akan dijemput bola untuk membuka rekening. "Agar kami bisa segera kirim bantuan."
 
Kerusuhan di Papua membuat warga Jayapura mengungsi. Berdasarkan catatan Kemensos di Papua, sebanyak 1.750 orang tinggal di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura, 350 orang di Pulau Kosong Jayapura, dan 200 orang di depan Pelabuhan Jayapura.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif