Gerai Giant Ekspres Mampang yang akan ditutup. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Gerai Giant Ekspres Mampang yang akan ditutup. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Hak Karyawan Korban PHK Giant Diminta Diperhatikan

Nasional hero supermarket Giant
Arga sumantri • 26 Juni 2019 01:48
Jakarta: Politikus Partai NasDem Okky Asokawati menyoroti tutupnya sejumlah gerai Giant Express di Jakarta. Okky mengingatkan agar hak-hak karyawan perusahaan retail itu tidak diabaikan.
 
"Saya mengingatkan agar hak-hak karyawan tidak diabaikan sesuai dengan ketentuan sebagaimana diatur di Pasal 156 ayat (2) UU 13 Tahun 2003," kata Okky di Jakarta, Selasa, 25 Juni 2019.
 
Menurut Okky, tutupnya sejumlah gerai Giant Express berimbas pada pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawannya. Hak-hak karyawan diminta teap dipenuhi manajemen. Salah satunya, Jaminan Hari Tua (JHT) sebagai komponen dari BPJS Ketenagakerjaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jaminan Hari Tua (JHT) juga harus dipenuhi kepada karyawan yang di-PHK," ujarnya.
 
Anggota DPR Periode 2014-2018 itu juga menyarankan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui dinas ketenagakerjaan mendata karyawan Giant Express yang tutup. Data tersebut dinilai penting untuk memastikan mereka yang menjadi korban pemecatan dapat diarahkan dengan membuat usaha baru
 
"Atau disalurkan ke tempat pekerjaan yang bisa ditempati oleh para korban PHK," ungkapnya.
 
(Baca: Alasan Gerai Giant Express Tutup)
 
Sebanyak enam gerai Giant Express di Jakarta akan menutup gerainya akhir Juli 2019. Anak usaha dari PT Hero Supermarket Tbk (HERO) tersebut memberikan diskon mulai dari lima persen sampai 50 persen.
 
Enam Giant Express yang akan tutup tersebut adalah Giant Ekspres Cinere Mall, Giant Ekspres Mampang, Giant Ekspres Pondok Timur, Giant Ekstra Jatimakmur, Giant Ekstra Mitra 10 Cibubur, dan Giant Ekstra Wisma Asri.
 
Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta mengatakan penutupan gerai Giant Express karena banyak faktor, yakni lokasi, persaingan, manajemen, dan pemasaran. Namun, yang dinilai menjadi faktor utama penutupan enam gerai tersebut adalah lokasi yang tidak lagi strategis.
 
"Yang terberat dari yang saya lihat, adalah lokasi. Karena kalau kita lihat Hero, Giant grup ini kan mereka grup lama yang lokasi-lokasinya lama," kata Tutum kepada Medcom.id, Senin, 24 Juni 2019.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif