Media Berkontribusi dalam Pembangunan Desa
Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo mengapresiasi kinerja media dalam pemberitaan tentang desa. Berita apa pun itu, baik positif dan negatif, dianggap berperan besar dalam pembangunan desa.

"Rekan-rekan media telah banyak membantu program desa. Salah satu keberhasilannya adalah keterlibatan masyarakat," kata Eko di Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis, 7 Juni 2018.

Menurut dia, dua tahun terakhir banyak pemberitaan tentang dinamika pembangunan desa. Hal tersebut membuat masyarakat perhatian dan berpartisipasi dalam program tersebut.


Dampaknya, kata Eko, banyak capaian yang berhasil diraih kementeriannya. "Misalnya 123.000 km jalan desa, ada achievement, itu terjadi karena bantuan wartawan," ujar dia.

Eko juga memuji komitmen Presiden Joko Widodo. Ada separuh lebih dari anggaran negara yang digelontorkan ke desa. Tanpa itu, pembangunan masih bersifat sentralistik. 

"Karena Pak Jokowi percaya di negara yang besar, pertumbuhannya enggak bisa sentral," kata Eko.

Baca: Kemendes Bagikan Beasiswa Akademi Desa 4.0

Dengan aliran dana itu, ia menyebut 60.000 lebih desa bisa berdikari. Pasalnya, tak mungkin menyerahkan pembangunan desa hanya dengan perintah dari pusat. Semua arahan secara spesifik harus dikawal dari desa sendiri.

"Memang di awal agak gaduh, tapi dengan ini kita bisa mencapai pembangunan desa yang berkelanjutan," pungkas dia.




(OGI)