NEWSTICKER
Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Mengenal Desinfeksi untuk Membunuh Mikroorganisme

Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 21 Maret 2020 21:23
Jakarta: Perkantoran dan ruang publik mulai melakukan desinfeksi sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona (covid-19). Cara sterilisasi ini memang efektif untuk membunuh mikroorganisme.
 
"Desinfeksi adalah proses dekontaminasi, menghilangkan segala hal yang berkaitan dengan mikroorganisme pada benda mati," kata Ketua Umum Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Arif Sumantri di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu, 21 Maret 2020.
 
Dia mengatakan disinfeksi yang menggunakan disinfektan berbeda dengan antiseptik. Antiseptik membunuh mikroorganisme pada jaringan hidup.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Dari Tengerang, Warga Sleman Positif Korona
 
Proses dekontaminasi tersebut bertujuan untuk menghilangkan mikroorganisme secara keseluruhan, baik bakteri, jamur, atau virus. Arif menjelaskan cara penggunaan disinfektan.
 
Pertama, cuci tangan sebelum menggunakan sarung tangan. Sarung tangan penting karena cairan tersebut dapat menimbulkan iritasi, bau, atau sesuatu yang berkaitan dengan tubuh.
 
Bila perlu, gunakan wearpack untuk melindungi tubuh secara keseluruhan. "Pakai masker, ada disinfektan yang dapat menyebabkan gangguan inhalasi," kata dia.
 
Menurut Arif, intensitas penggunaan tergantung pada keperluan masing-masing. Proses desinfeksi berlangsung selama 30-60 menit dengan rentang waktu steril tak sampai sehari.
 
"Setelah itu, (besoknya) lakukan lagi," kata dia.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif