Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Populer Nasional: Langkah Atasi Banjir Jakarta Hingga Booster Kedua untuk Masyarakat

Achmad Zulfikar Fazli • 27 November 2022 07:28
Jakarta: Sejumlah artikel di Kanal Nasional Medcom.id menjadi yang terpopuler sepanjang Sabtu, 26 November 2022. Mulai dari Langkah Jakarta mengatasi banjir hingga rencana vaksinasi booster kedua covid-19.

Berikut berita tiga terpopuler kemarin:

1. Langkah Jakarta Atasi Banjir

Pemerintah Provinsi Jakarta terus berupaya mengatasi banjir. Banjir juga merupakan salah satu faktor penyebab kemacetan di Jakarta, yang dalam kondisi ekstrem dapat melumpuhkan perekonomian. Hal ini dapat terjadi karena Jakarta adalah Ibu Kota, yang juga sebagai barometer perekonomian dalam negeri. 
 
Salah satu program yang dilakukan untuk mengatasi banjir adalah normalisasi sungai. Proyek normalisasi kali merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, di mana pemerintah daerah bertugas untuk membebaskan tanah dan pemerintah pusat bertugas untuk melaksanakan pekerjaan fisik.
 

Baca Juga: Antisipasi Banjir, Sudin SDA Jaktim Siagakan 1.156 Satgas


Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk menanggulangi banjir melalui program tersebut, bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Sudah 17 kilometer panjang Kali Ciliwung di wilayah DKI Jakarta yang dinormalisasi, masih tersisa 16 kilometer lagi. 
 
Selengkapnya baca di sini

2. Korban Meninggal Gempa Cianjur Menjadi 318 Jiwa

Korban jiwa akibat gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, bertambah delapan orang. Berdasarkan data per hari ini, 26 November 2022, korban meninggal menjadi 318 orang.
 
Kepada Deputi Bidang Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Fajar Setiawan mengatakan dari delapan korban jiwa itu, dua jenazah di antaranya ditemukan di sekitar warung Shinta, Cugenang. 
 
"Adapun hasil pencarian hari ini ada delapan jiwa per pukul 17.00 WIB, jadi total ada 318 jiwa yang meninggal dunia," kata Fajar di Cianjur, Sabtu, 26 November 2022.
 
Selengkapnya baca di sini

3. Wapres Imbau Masyarakat Persiapkan Diri untuk Booster Kedua

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta masyarakat yang telah memenuhi persyaratan untuk booster kedua segera mendatangi sentra vaksin covid-19 terdekat. Saat ini, kebijakan pencegahan penyebaran covid-19 itu hanya dikhususkan bagi kelompok lanjut usia (lansia). 
 
"Kita semua sudah di-booster supaya nanti masuk ke booster (kedua), ini dalam rangka menjaga kekebalan publik. Itu saya kira, dan supaya masyarakat siap di-booster kedua," ujar Ma'ruf di Kompleks Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat, 25 November 2022.
 

Baca Juga: 46,2 Juta Masyarakat Rentan dan Umum Terlindungi Vaksin Booster


Ma'ruf menekankan booster kedua menjadi kunci untuk meningkatkan kekebalan publik dari ancaman penularan covid-19. Mengingat saat ini, kasus covid-19 tengah mengalami lonjakan akibat adanya varian baru XBB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selengkapnya baca di sini
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif