Wakil Presiden Maruf Amin. Dok Setwapres.
Wakil Presiden Maruf Amin. Dok Setwapres.

Wapres Imbau Masyarakat Persiapkan Diri untuk Booster Kedua

Kautsar Widya Prabowo • 26 November 2022 08:52
Palu: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta masyarakat yang telah memenuhi persyaratan untuk booster kedua segera mendatangi sentra vaksin covid-19 terdekat. Saat ini, kebijakan pencegahan penyebaran covid-19 itu hanya dikhususkan bagi kelompok lanjut usia (lansia). 
 
"Kita semua sudah di-booster supaya nanti masuk ke booster (kedua), ini dalam rangka menjaga kekebalan publik. Itu saya kira, dan supaya masyarakat siap di-booster kedua," ujar Ma'ruf di Kompleks Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat, 25 November 2022.
 
Ma'ruf menekankan booster kedua menjadi kunci untuk meningkatkan kekebalan publik dari ancaman penularan covid-19. Mengingat saat ini, kasus covid-19 tengah mengalami lonjakan akibat adanya varian baru XBB. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang sudah saatnya yang sudah di-booster (satu) itu kan sudah lama, maka dilakukan booster lagi, itu dalam rangka penguatan," jelasnya. 
 
Selain itu, Wakil Kepala Negara menyebut mayoritas masyarakat yang belakang ini terpapar covid-19 akibat belum di-booster.
 

Baca juga: Booster Dosis Kedua Penting untuk Lindungi Lansia


 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mendapatkan vaksin booster dosis kedua pada Kamis, 24 November 2022. Presiden mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan vaksinasi covid-19 secara lengkap.
 
Saat ini Indonesia telah menyuntikkan 205 juta dosis vaksin pertama, 172 juta dosis vaksin kedua, 66 juta dosis vaksin penguat pertama, dan 730 ribu dosis vaksin penguat kedua.
 
"Kenapa kita memerlukan booster? Agar imunitas kita terjaga dan dapat memutus penularan covid-19 dari orang ke orang. Ini yang paling penting," kata Presiden.
 
Penyelenggaraan vaksin booster dosis kedua berdasarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Lanjut Usia. Booster dosis kedua menggunakan IndoVac yang merupakan vaksin covid-19 produksi dalam negeri.
 
(END)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif