Wahana Permainan di Desa Sumber Jaya, Sumur, Pandeglang, Banten. Foto: MI/Susanto.
Wahana Permainan di Desa Sumber Jaya, Sumur, Pandeglang, Banten. Foto: MI/Susanto.

8 Korban Tsunami Belum Teridentifikasi

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Candra Yuri Nuralam • 02 Januari 2019 15:07
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban tewas akibat tsunami Selat Sunda yang sudah berhasil dievakuasi mencapai 437 orang. Namun, sebanyak delapan jenazah korban belum diketahui identitasnya. 

"Sebanyak 429 sudah di makamkan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jakarta, Rabu, 2 Januari 2019. 

Sementara itu, dia menuturkan bencana ini menyebabkan 14.059 korban luka-luka. Sebanyak 10 orang masih hilang dan 36.923 orang mengungsi. Pengungsi kebanyakan masih trauma.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sutopo juga menjelaskan kerusakan fisik dari tsunami di Selat Sunda meliputi 2.752 rumah, 92 penginapan, dan 510 kapal. Satu dermaga dan selter juga rusak. Baca: BNPB Ajukan Pendirian Perguruan Tinggi Khusus Kebencanaan

Korban dan kerusakan ini terdapat di lima kabupaten, yaitu Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus, dan Pesawaran. Kerusakan dan korban kebanyakan berada di daerah pesisir Kabupaten Pandeglang.

Sutopo mengatakan kemungkinan korban akan terus bertambah. "Belum semua berhasil didata. Pendataan masih terus dilakukan oleh petugas," tutur Sutopo.




(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi