Ratusan narapidana Rumah Tahanan Kelas II B Siak Sri Indrapura, Siak, Riau dipindahkan ke sejumlah cabang rutan dan lapas lain Antara Foto/Rony Muharrman/Bayu Agustari Adha
Ratusan narapidana Rumah Tahanan Kelas II B Siak Sri Indrapura, Siak, Riau dipindahkan ke sejumlah cabang rutan dan lapas lain Antara Foto/Rony Muharrman/Bayu Agustari Adha

Kemenkumham Investigasi Kerusuhan Rutan Siak

Nasional kerusuhan penjara
Annisa ayu artanti • 12 Mei 2019 03:28
Riau: Kementerian Hukum dan HAM membentuk tim untuk menginvestigasi insiden kerusuhan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau.
 
"Kita membentuk tim guna melakukan penyelidikan terkait kerusuhan di Rutan Siak," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Sri Puguh Budi Utami usai melakukan kunjungan ke Rutan Siak seperti dikutip Antara, Minggu, 12 Mei 2019.
 
Baca Juga:Tahanan Rutan Siak Dievakuasi ke Luar Wilayah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyayangkan insiden ini terjadi pada bulan Ramadhan itu. Namun, pihaknya tidak mau berspekulasi tentang penyebabnya sampai menunggu hasil investigasi internal.
 
Insiden di Rutan Siak ini merupakan kerusuhan kedua yang terjadi di Riau dalam dua tahun terakhir. Sebelumnya kerusuhan pernah terjadi di Rutan Sialang Bungkuk di Kota Pekanbaru pada 2017.
 
Baca Juga:34 Warga Binaan Rutan Siak Kabur saat Kerusuhan
 
Akibat insiden di Rutan Siak ini, Sri Puguh juga menyebutkan, ada puluhan napi dan tahanan yang hingga kini masih buron. Mereka kabur memanfaatkan situasi kericuhan di fasilitas tersebut.
 
Untuk tahap pemulihan, Kemenkum HAM telah memutuskan untuk merelokasi ratusan narapidana dan tahanan dari Rutan Siak ke beberapa cabang rutan dan lapas lain di Riau.
 


 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif