Ratusan narapidana dan tahanan menunggu proses evakuasi pasca terjadinya kerusuhan di Rutan Kelas II B Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau. (Foto: ANTARA/Rony Muharrman)
Ratusan narapidana dan tahanan menunggu proses evakuasi pasca terjadinya kerusuhan di Rutan Kelas II B Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau. (Foto: ANTARA/Rony Muharrman)

Tahanan Rutan Siak Dievakuasi ke Luar Wilayah

Nasional kerusuhan penjara
Siti Yona Hukmana • 11 Mei 2019 14:56
Jakarta:Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto mengatakan pihaknya telah mengevakuasi seluruh warga binaan Rutan Klas II B Siak Sri Indrapura, Riau, ke luar wilayah. Ini dilakukan setelah peristiwa kerusuhan dan kebakaran di tempat tersebut.
 
"Sekarang ini kita melakukan proses evakuasi kepada mereka. Lapas ini sudah tidak layak, sehingga mereka harus dievakuasi ke beberapa lapas," kata Sunarto saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, 11 Mei 2019.
 
Sunarto mengatakan sudah mengevakuasi 26 tahanan wanita ke lapas di Pekanpada pukul 10.00 WIB. Kemudian, 81 warga binaan lainnya dievakuasi ke lapas di Bangkinang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, nanti keseluruhan akan dievakuasi ke luar wilayah," ujar Sunarto.
 
Menurut Sunarto, evakuasi dilakukan karena kebakaran yang melanda Rutan Siak Sri Indrapura mengakibatkan kerusakan parah. Separuh bangunan rusak dan tak bisa lagi dihuni.
 
Ia mengatakan belum dapat memastikan pelaku dari pembakar rutan. "Itu pengawasan dari pihak lapas. Nanti ditanya ke sana mengapa ada api di dalam rutan," ucapnya.
 
Baca juga:34 Warga Binaan Rutan Siak Kabur saat Kerusuhan
 
Meski begitu, Sunarto memastikan saat ini kondisi Rutan Siak Sri Indrapura telah aman dan kondusif. Warga binaan juga dinilai responsif. "Dan mau bekerja sama," pungkasnya.
 
Kepolisian Resor Siak mengungkapkan bahwa 34 warga binaan Rumah Tahanan Klas II B Siak Sri Indrapura kabur setelah kerusuhan dan kebakaran Sabtu, 11 Mei 2019 dini hari. Kepala Polres Siak AKBP Ahmad David mengatakan mereka kabur saat di rutan sedang terjadi kerusuhan.
 
"Pendataan ulang kita, yang saat ini ada di dalam Rutan 495 dan yang kita selamatkan 119 dan masih bisa bertambah," kata David di Siak, Riau.
 
David menjelaskan, jumlah warga binaan Rutan Siak adalah sebanyak 648 orang sehingga jika dikurangi jumlah tersebut maka tersisa 34 orang yang belum ditemukan.
 
Saat ini petugas masih melakukan pencarian di lapangan terhadap tahanan yang masih melarikan diri. Kemudian untuk 119 warga binaan yang diselamatkan tersebut dievakuasi ke Gedung Serbaguna Tengku Maharatu yang berada di seberang Istana Siak. Sedangkan 495 orang masih di Rutan dalam proses negosiasi untuk dipindahkan ke rutan kabupaten lain.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif