Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pemerintah Disebut Sukses Jalankan 3T untuk Kendalikan Omicron

Antara • 11 Maret 2022 15:34
Jakarta: Merujuk pada pelaksanaan pengetesan, pelacakan, dan penanganan (3T), pemerintah disebut lebih siap menghadapi pandemi covid-19 varian Omicron. Hal ini terbukti dengan cepat menurunnya angka positif covid-19 yang sempat melonjak sebulan terakhir.
 
"Hal ini tampak juga dengan kesiapan rumah sakit dalam penyediaan obat dan oksigen. Oksigen menjadi hal paling krusial sewaktu menghadapi varian Delta, terutama bagi pasien yang punya komorbid," kata Anggota Komisi IX DPR Yahya Zaini seperti dilansir dari Antara, Jumat, 11 Maret 2022.
 
Indikator lain, angka kematian menurun. Angka keterisian tempat tidur (BOR) rumah sakit juga menurun, sedangkan tingkat kesembuhan meningkat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini juga tidak bisa dilepaskan karena vaksinasi lengkap yang sudah mencapai 70 persen. Artinya, pemerintah lebih siap menghadapi gelombang ketiga tersebut," kata Yahya.
 
Meski begitu, ia meminta pemerintah untuk memacu lagi vaksinasi untuk lansia. Karena, angkanya masih di bawah 70 persen. 
 
"Data menunjukkan tingkat kematian tertinggi ada pada kelompok yang belum divaksin, lansia, dan punya komorbid," ucapnya.
 
Baca: Studi: Masa Penularan Omicron Sama dengan Varian-varian Sebelumnya
 
Anggota Komisi IX DPR Wenny Haryanto bersyukur angka kasus covid-19 menurun dengan cepat. Menurutnya, hal itu menunjukkan imun masyarakat membaik dan meningkat.
 
"Salah satu faktor kondisi yang lebih baik saat ini adalah vaksinasi," kata dia. 
 
Wenny mengingatkan, masyarakat tetap harus taat protokol kesehatan di tengah kasus yang terus menurun. "Kita mengapresiasi dukungan masyarakat terhadap program pemerintah untuk menurunkan angka covid-19," kata dia.

 
(UWA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif