Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono. Dok. Tangkapan Layar
Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono. Dok. Tangkapan Layar

Wamenkes: Indonesia Harus Produksi Vaksin dan Obat Sendiri

Theofilus Ifan Sucipto • 05 Desember 2021 10:04
Jakarta: Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan Indonesia tidak bisa terus-menerus bergantung dengan negara lain di sektor kesehatan. Kemandirian Indonesia menjadi peta jalan (roadmap) transformasi sistem kesehatan.
 
“Kita harus memiliki vaksin sendiri dan kita harus memproduksi obat kita sendiri,” kata Dante dalam Health Business Gathering di Bali, Sabtu, 4 Desember 2021.
 
Dante mengatakan pemerintah bakal memproduksi 14 jenis antigen untuk program vaksinasi pada 2022. Pemerintah juga akan memproduksi enam dari 10 bahan baku obat terbesar yang paling sering dipakai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dante juga ingin Indonesia menggunakan perusahaan fitofarmaka dalam negeri. Fitofarmaka ialah obat yang menggunakan bahan alami dan terbukti keamanan serta khasiatnya.
 
“Pemerintah akan mencoba untuk meningkatkan produksi dalam negeri 16 dari 19 perangkat medis yang paling sering digunakan di Indonesia,” papar dia.
 
Baca: Ini 6 Fokus Transformasi Sistem Kesehatan
 
Menurut Dante, seluruh upaya itu bisa dicapai dengan memperkuat perusahaan farmasi dan perusahaan alat kesehatan. Kemudian pengembangan teknologi, digitalisasi, dan bioteknologi.
 
“Kita harus memberdayakan kapasitas penelitian untuk pengembangan dan produksi produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri,” tegas dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif