Calon penumpang WNA melintas di area keberangkatan Internasional yang terlihat lengang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Calon penumpang WNA melintas di area keberangkatan Internasional yang terlihat lengang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Foto: Antara/Muhammad Iqbal

WNA Diminta Manfaatkan Pembuatan Visa Online

Candra Yuri Nuralam • 30 Mei 2021 18:56
Jakarta: Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) meminta warga negara asing (WNA) mengurus visa via daring. Proses pengurusan visa daring dijamin mudah.
 
"Kuota permohonan visa akan selalu kami sediakan dan tidak pernah habis setiap hari bagi para WNA yang memenuhi persyaratan dalam Permenkumham 26 Tahun 2020," kata Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Arya Pradhana Anggakara melalui keterangan tertulis, Minggu, 30 Mei 2021.
 
Menurut dia, WNA yang mau mengajukan visa daring bisa mengakses situs Ditjen Imigrasi. Mereka akan diminta menyerahkan beberapa dokumen. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Biaya mengurus visa bisa dibayar melalui bank. Setelah selesai, Ditjen Imigrasi akan memverifikasi data. Visa daring akan dikirim ke email WNA maupun penjaminnya.
 
Baca: Kasus Covid-19 Naik, Epidemiolog Tolak Sekolah Tatap Muka
 
"Kami menegaskan adanya kepastian waktu pelayanan termasuk soal biaya eVisa. Hal ini tentunya dapat mencegah terjadinya pungutan liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab atau pun hal lain yang dapat merugikan masyarakat," ujar Angga.
 
Visa daring paling lama dikirim dalam lima hari dari waktu pembayaran biaya. WNA diminta memperhitungkan masa berlaku sebelum mengurus visa daring.
 
Angga mengatakan tidak semua WNA bisa mengurus visa daring untuk keluar masuk Indonesia saat ini. Hanya WNA yang bepergian untuk bekerja dengan syarat tertentu yang dilayani.
 
Dia mengatakan pengurusan visa online haram untuk WNA yang hendak berwisata. Namun, WNA yang tidak bisa pulang ke negaranya karena pandemi covid-19 bisa dilayani untuk membuat visa daring itu.
 
HR Manager Jakarta Intercultural School Megumi Runturambi menilai proses visa daring sangat mudah. Kebijakan itu membuatnya lebih cepat mengurus visa untuk kepentingan pekerjaan.
 
"Bisa dilakukan dari mana saja, tidak perlu bertemu petugas, dan juga transparan karena kami mendapatkan notifikasi tentang tahapan tahapan yang dilalui," tutur Megumi.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif