Endri's Foundation, Kepedulian yang Menginspirasi
Endri Susanto (Foto:Pejuang Tangguh Panadol)
medcom.id, Jakarta: Tidak ada istilahnya, orang yang berbagi akan jatuh miskin. Endri Susanto, seorang pria dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, membuktikannya.

Tanpa ragu, ia membantu anak-anak di Lombok yang sakit dan terlantar. Perjuangan mulia Endri itu dimulai dari pertemuan dengan seorang turis asing yang menaruh kepedulian terhadap orang sakit yang belum tertangani di pulau Lombok. Wisatawan tersebut membawa buku yang berisi daftar orang sakit di Lombok yang terlantar dan tak mendapat perhatian.

Melihat fakta tersebut, Endri kaget dan ingin membuktikannya. Selama dua hari ia berkeliling Lombok. Benar saja, Endri menemukan lebih dari 200 anak sakit yang terlantar. Penyakitnya beragam, mulai dari polio, bibir sumbing, hidrosefalus, down syndrome, tumor dan masih banyak lagi.

"Dari situ saya bertanya pada diri sendiri, di mana porsi kita? Apakah kita hanya sekadar melihat, atau melakukan sesuatu? Seperti nya kita harus bikin lembaga untuk menaungi gerakan tersebut. Akhirnya kami sepakat untuk membuka yayasan, Endri Foundation pada Februari 2014," ucap pria kelahiran 1 November 1986 ini.

Pada awal berdirinya lembaga tersebut tak langsung mendapat respons positif dari masyarakat. Bahkan, banyak yang tidak percaya. Namun, Endri dan tim tidak patah arang.

Mereka berjuang meyakinkan bahwa yayasan ini ingin membantu anak-anak mendapatkan akses kesehatan memadai.

Kini, tiga tahun berlalu, Endri's Foundation yang terdiri dari masyarakat lintas profesi itu telah berhasil membantu lebih dari 600 anak mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Begitu juga dengan masyarakat Lombok yang tadinya memandang sebelah mata, kini angkat topi kepada Endri's Foundation.

"Sekarang kalau di Lombok atau Sumbawa ada yang sakit, kita yang diberitahu. Saya di yayasan tidak bisa survive kalau kami tidak tangguh. Kalau hanya melihat keatas, tapi tidak melihat ke bawah, maka dunia ini tidak akan seimbang," ucap Endri.

Kisah Endri Susanto ini diharapkan menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam berbuat baik dan membantu sesama.

Coba lihat, apakah di sekeliling Anda juga terdapat orang-orang berhati mulia seperti dia? Ayo, tuangkan kisah tentang sosok pejuang tangguh yang menurut Anda menginspirasi. Kirimkan cerita tersebut melalui Twitter @Panadol_ID atau melalui website https://www.pejuangtangguh.co.id/ dengan menyertakan hastag #PejuangTangguh #panadolID #MTVN.

Periode pengiriman cerita hingga 5 Mei 2017.Pengumuman keseluruhan pemenang akan dilakukan pada 12 Mei 2017. Tersedia hadiah mingguan berupa 1 unit Xiaomo Mi4.Tak hanya itu, pada akhir periode lomba akan diumumkan tiga pemenang utama.

- Pemenang 1 mendapatkan sepeda motor Yamaha Mio, video profile & tampil di program acara Kick Andy MetroTV
- Pemenang 2 mendapatkan Laptop Dell Inspiron I4 & tampil di program acara Kick Andy MetroTV
- Pemenang 3 mendapatkan smartphone Samsung Galaxy S7 & tampil di program acara Kick Andy MetroTV.

Pejuang Tangguh merupakan kampanye yang bertujuan untuk menemukan dan mengapresiasi orang-orang yang menunjukkan kekuatan dalam diri mereka untuk mengatasi tantangan sulit dalam hidup, untuk mewujudkan kebaikan bagi orang-orang di sekitar.

(ROS)