Sunarto Dilantik Jadi Wakil Ketua MA
Wakil Ketua MA Bidang Nonyudisial Sunarto dilantik Presiden Jokowi. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Jakarta: Presiden Joko Widodo melantik Sunarto sebagai wakil ketua Mahkamah Agung Bidang (MA) Nonyudisial. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Pengukuhan diawali dengan pengucapan sumpah jabatan yang dibimbing Presiden. Dalam sumpah jabatan, Sunarto berjanji akan menjalankan tugasnya dengan baik.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban wakil ketua MA dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Sunarto, Rabu, 23 Mei 2018.


Sunarto kemudian menandatangani berita acara pengambilan sumpah jabatan sebagai wakil ketua MA. Pengangkatan Sunarto berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 96/P/Tahun 2018. 

Baca: 46 Hakim Rebutkan Jabatan Wakil Ketua MA

Sunarto terpilih melalui pemungutan suara yang digelar di Gedung MA, Jakarta, Kamis, 26 April 2018. Dia memperoleh 24 suara mengungguli Andi Samsan Nganro yang hanya mendapatkan 21 suara pada pemungutan suara putaran kedua.



(OGI)