Ilustrasi penjara. Medcom.id/Rizal.
Ilustrasi penjara. Medcom.id/Rizal.

Remisi Natal Hemat Anggaran Negara Rp4,7 Miliar

Nasional remisi
Media Indonesia • 25 Desember 2018 18:07
Jakarta: Remisi Natal kepada 11.232 narapidana disebut menghemat anggaran negara sebanyak Rp 4.759.051.500. Pemberian remisi juga diharapkan mengurangi beban lapas yang melebihi kapasitas.
 
"Tahun ini remisi khusus Natal menyumbang penghematan anggaran negara sebesar Rp 4.759.051.500," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, Selasa, 25 Desember 2018.0
 
Pemberian remisi ini juga bertujuan memberikan harapan bagi warga binaan untuk memperbaiki diri. Sebab, semakin cepat mereka mengubah perilakunya menjadi baik, maka semakin cepat mereka berintegrasi kembali dengan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Narapidana Wirogunan Penerima Remisi Belum Bebas Langsung
 
Utami mengatakan, pemberian remisi diberikan secara terbuka, transparan dan non diskriminatif. Artinya, tidak ada pengecualian. "Semua warga binaan berhak mendapatkan remisi, asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan," katanya.
 
Pemberian remisi diatur Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP, serta Keputusan Presiden No. 174 /1999 tentang Remisi.
 

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif