Tips Ahli Gizi Tan Shot Yen  di musim pancaroba agar tubuh tetap fit (Metro TV)
Tips Ahli Gizi Tan Shot Yen di musim pancaroba agar tubuh tetap fit (Metro TV)

Newsline

Musim Pancaroba Bikin Gampang Sakit, Yuk Lakukan 3 Hal Ini Biar Tetap Fit

Nasional musim hujan tips kesehatan perubahan musim dan covid-19 penyakit di musim hujan Newsline
MetroTV • 22 September 2021 16:38
Jakarta: Indonesia mulai memasuki musim peralihan dari musim panas ke musim hujan atau pancaroba. Pergantian cuaca yang tidak menentu kerap membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga mudah terserang penyakit.
 
Terdapat beberapa penyakit yang muncul ketika musim pancaroba. Antara lain flu, sakit kepala, asma, hingga nyeri sendi.
 
Untuk menangkal penyakit-penyakit tersebut, Ahli Gizi Tan Shot Yen membagikan tips yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat. Berikut tiga hal yang bisa dilakukan agar tubuh tetap fit di musim pancaroba:

1. Konsumsi makanan sehat

Tan mengingatkan untuk senantiasa mencukupi kebutuhan gizi di masa pancaroba. Lauk yang dimasak dengan rempah yang baik lebih direkomendasikan daripada makanan instan berpengawet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pancaroba pun identik dengan cuaca panasnya yang terik. Saat suasana panas, tubuh kadang memerlukan asupan bertemperatur lebih dingin untuk menenangkan suhu tubuh dari dalam.
 
"Tidak apa apa minum air es, itu kan masalah suhu. Jika di panas terik anda ingin minum yang dingin, Itu adalah permintaan badan anda," ujarnya dalam Newsline Metro TV, Rabu, 22 September 2021.

2. Istirahat cukup

Penting untuk diketahui bahwa tubuh juga butuh istirahat yang cukup. Waktu tidur yang direkomendasikan minimal tujuh jam sehari.
 
Hal ini kerap diacuhkan oleh pekerja yang sedang work from home (WFH). Karena, ketika di rumah, tubuh sulit membedakan waktu istirahat dan bekerja. Padahal, hal ini sangat penting bagi menjaga daya tahan tubuh selama pandemi.

3. Rutin olahraga

Tan tak lupa merekomendasikan untuk berolahraga teratur di masa pancaroba. Kegiatan fisik dinilai dapat memicu perasaan dan denyut jantung yang baik. Kondisi ini bermanfaat bagi daya tahan tubuh di musim dengan cuaca yang serba tidak jelas. (Mentari Puspadini)
 
(RUL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif