Ilustrasi. Foto: Dok Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Dok Medcom.id

4 Ribu Bisnis Kuliner Indonesia Ditargetkan Berdiri di Seluruh Dunia pada 2024

Indriyani Astuti • 05 November 2023 16:59
Jakarta: Pemerintah menargetkan 4 ribu bisnis kuliner Indonesia berdiri di seluruh belahan dunia pada 2024. Ekspor kuliner disebut-sebut bisa mencapai 2 miliar dolar Amerika Serikat (AS).
 
Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Helson Siagian menyampaikan Kementerian
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menyiapkan skema pendanaan, pelatihan, dan pendampingan untuk para pelaku usaha kuliner Indonesia di mancanegara. Yakni, melalui program Indonesian Restaurant Fundrasing (IndoStar).
 
"Program ini memberikan peluang bagi pelaku usaha kuliner untuk lebih memajukan usahanya dan untuk mendapatkan calon investor. Dengan demikian bisnis kuliner Indonesia di mancanegara semakin massif," kata Helson, Minggu. 5 November 2023.

Indonesian Restaurant Fundraising (IndoStar) salah satu bagian dari program Indonesia Spice Up The World (ISUTW). Ini merupakan program pemerintah untuk mempromosikan kuliner Indonesia, dan mengangkat produk rempah serta bumbu masakan merek lokal Indonesia.
 
Baca juga: Teknologi Jadi Kunci Mempertahankan Keberlangsungan Bisnis Kreatif

Helson menyebut ada empat pilar dalam Program ISUTW. Pertama, ekspor rempah, bumbu, dan pangan olahan. Kedua, aktivasi restoran Indonesia di luar negeri. Ketiga, promosi kuliner Indonesia di luar negeri. Keempat, Indonesia sebagai destinasi gastronomi.
 
Helson mengeklaim program IndoStar mendapat respons positif dari pelaku usaha kuliner Indonesia di mancanegara. Saat ini, ujar dia, ada 50 peserta IndoStar yang tersebar di lima benua. Rinciannya, Asia 14 peserta, Eropa 12 peserta, Amerika 11 peserta, Australia 10 Peserta, dan Afrika 3 peserta.
 
Tenaga Ahli Bidang Pariwisata Kantor Staf Presiden itu menilai peluang bagi pelaku usaha untuk memperkuat etalase kuliner Indonesia di luar negeri masih sangat besar. Terlebih, saat ini target pasarnya bukan lagi orang Indonesia, melainkan masyarakat lokal di luar negeri yang sudah cocok dengan cita rasa Indonesia.
 
"Dari delapan restoran yang melakukan pitching, rata-rata target marketnya bukan orang Indonesia, tapi orang lokal. Hal ini membuktikan kuliner Indonesia memang siap mendunia," ucap Helson.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AGA)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan