Pesawat Sriwijaya Air. Foto: MI
Pesawat Sriwijaya Air. Foto: MI

Keluarga Korban Sriwijaya Air SJ-182 Diimbau Tak Termakan Hoaks

Nasional pesawat hilang Pesawat Jatuh sriwijaya air Sriwijaya Air Jatuh Sriwijaya Air Hilang Kontak Pesawat Sriwijaya Air Sriwijaya Air SJ182
Fachri Audhia Hafiez • 13 Januari 2021 21:38
Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengimbau keluarga korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 tak termakan hoaks. Pasalnya, banyak spekulasi yang beredar di media sosial mengenai kecelakaan tersebut.
 
"Spekulasi-spekulasi semacam itu tidak perlu disebarluaskan karena tidak benar," tegas Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam keterangan tertulis, Rabu, 13 Januari 2021.
 
Soerjanto tak memungkiri banyaknya informasi liar seputar Sriwijaya Air SJ-182 yang berkembang di publik. Informasi liar itu mestinya dikonfirmasi ulang kepada pihak berwenang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Data FDR Sriwijaya Air SJ-182 Mulai Diunduh
 
"Data-data yang beredar (luas di medsos) harus divalidasi, harus dicek sumber dan kebenarannya. Data yang beredar belumlah divalidasi," ucap dia.
 
Ketua Subkomite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo menegaskan laporan detail kecelakaan akan disampaikan setelah investigasi selesai. Kesimpulan dibuat setelah KNKT menganalisis komponen dalam kotak hitam, berupa flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR)
 
Dia menegaskan KNKT punya kewajiban sesuai dengan ketentuan internasional. Laporan awal kepada publik selambat-lambatnya 30 hari sejak kecelakaan terjadi.
 
"Namun dalam 30 hari itu, mungkin belum termasuk analisis KNKT karena butuh waktu untuk mengungkap penyebabnya seperti apa, masalahnya di mana, atau pemeliharaannya bagaimana. Semua pasti akan diungkapkan," jelas Nurcahyo.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif