Direktur Pemberitaan Medcom.id, Abdul Kohar/MI/Susanto.
Direktur Pemberitaan Medcom.id, Abdul Kohar/MI/Susanto.

Perlu Penyesuaian Dakwah di Era Digital

Anggi Tondi Martaon • 11 Juli 2020 14:23
Jakarta: Penyampaian pesan kepada umat harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Dakwah harus mengadopsi kemajuan teknologi. 
 
Direktur Pemberitaan Medcom.id Abdul Kohar menyampaikan beberapa penyesuaian agar dakwah menarik perhatian umat. Pertama menciptakan konten kreatif melalui tulisan, foto maupun video.
 
"Daripada video itu diisi TikTok terus barangkali kita bisa mengisinya dengan dakwah-dakwah atau spirit spirit atau ajakan," kata Kohar dalam diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Suara Aisyiyah, Sabtu, 11 Juli 2020.

Menurut dia, video menjadi medium yang bisa diandalkan untuk menyampaikan dakwah. Berdasarkan laporan Devy Media berjudul Youth Media Diet, sebanyak 65 persen orang berumur 13-24 persen mengonsumsi video sebelum memulai rutinitas.
 
Baca: Era Post Truth Ubah Pola Konsumsi Informasi
 
"Ini merupakan pangsa  yang bisa kita manfaatkan," ungkap dia.
 
Dakwah juga harus disajikan lebih simpel, efisien, efektif dan tidak menggurui. Konten juga harus disesuaikan dengan kelompok umur.
 
"Kalau umur sekian strategi dakwahnya bagaimana, tentu saja kekinian baru tetapi tanpa harus kehilangan isi dan tujuan," sebut dia.
 
Bahasa yang digunakan juga  harus sederhana, inovatif. Sehingga dapat memberikan keteladanan bagi umat.
 
"Jadi bukan hanya ceramah verbal," ujar dia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ADN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan