Sejumlah warga yang rumahnya hancur diterjang tsunami Pandeglang mengungsi di Kantor Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.
Sejumlah warga yang rumahnya hancur diterjang tsunami Pandeglang mengungsi di Kantor Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.

Pengungsi Tsunami Mulai Terjangkit Penyakit

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Putri Anisa Yuliani • 29 Desember 2018 18:26
Jakarta: Pengungsi bencana tsunami Selat Sunda yang tinggal di posko-posko pengungsian mulai terjangkit penyakit. Mereka terserang influenza, demam dan infeksi saluran pernapasan (Ispa).
 
"Diare juga banyak, tapi sebelum bencana memang sudah ditemukan. Lalu ada demam tipoid tapi angkanya tidak begitu besar," kata Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan, Achamd Yurianto Achmad saat dihubungi Media Indonesia, Sabtu, 29 Desember 2018.
 
Perawatan telah diberikan kepada pengungsi yang terserang penyakit. Achmad juga menegaskan tim medis terus melakukan penanganan terhadap korban luka-luka seperti mengganti perban secara rutin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menekankan penanganan bukan hanya pada sisi medis tetapi dari sisi pencegahan yakni pembangunan sanitasi yang baik di pengungsian.
 
"Hal yang harus diwaspadai pengungsi dan semua penduduk adalah sanitasi lingkungan dan PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat)," kata dia.
 
Baca: Tsunami Selat Sunda Fenomena Langka
 
Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes berupaya berkoordinasi dengan Dinas Sosial setempat dan Kementerian Sosial mengenai pengurusan posko pengungsian agar layak dan sehat.
 
Achmad menambahkan, hingga saat ini tim medis belum menemui kendala dalam melakukan penanganan korban luka-luka dan pengungsi.
 

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif