Brimob Prediksi Jumlah Pedemo May Day Berkurang

Sunnaholomi Halakrispen 23 April 2018 12:52 WIB
may dayhari buruh
Brimob Prediksi Jumlah Pedemo <i>May Day</i> Berkurang
Komandan Pasukan Pelopor Brimob Polri Brigjen Verdianto Iskandar. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.
Jakarta: Korps Brigade Mobil (Brimob) Mabes Polri memprediksi jumlah pedemo May Day tak akan terlampau banyak seperti yang direncanakan. Ini akan menjadi pertimbangan polisi menyiapkan pengamanan.

"Biasanya yang dilaporkan besar-besar seperti 100 ribu. Tapi, jumlah massa riilnya ya mungkin di bawah itu. Mungkin 10-20 persennya," kata Komandan Pasukan Pelopor Brimob Polri Brigjen Verdianto Iskandar di Markas Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok, Senin, 23 April 2018. 

Verdianto menyatakan timnya telah merancangkan persiapan personel. Petugas yang diterjunkan disesuaikan dengan perkiraan jumlah massa yang akan turun ke jalan. 


"Cukup kita cukup. Kekuatan massa dan petugas keamanan kita imbangkan," ujar Verdianto 

Terkait jumlah personel untuk mengamankan demo May Day 2018, Verdianto enggan menyebut angka pasti. "Jumlah personel kita maksimalkan," jelas dia.

Baca: Polri Siap Amankan May Day

Menurut Verdianto, terdapat beberapa lokasi yang menjadi sasaran demonstrasi Hari Buruh, Selasa, 1 Mei 2018. Demo terjadi di seluruh Indonesia, tetapi fokus ada di Jakarta.

"Di Jakarta yang sebagian besar itu nanti berada di Monas, Merdeka Barat, kemudian nanti setelah itu ada yang bergerak di GBK (Gelora Bung Karno). Ada yang ke GBK, ada beberapa yang langsung bubar di Monas," tutur Verdianto.

Ia mengaku lokasi demo masih dalam tahap penjajakan. Ia juga berharap agar pedemo cukup sampai di GBK seperti pada 2016.



(OGI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360