Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Satgas Covid-19 Nilai Keputusan PSBB Transisi DKI Tepat

Nasional Virus Korona PSBB pandemi covid-19
Nur Azizah • 12 Oktober 2020 14:13
Jakarta: Keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi dinilai tepat. Kebijakan PSBB transisi itu bahkan sudah dikoordinasikan ke pemerintah pusat.
 
"Apa yang dilakukan Gubernur DKI (Anies Baswedan) tentunya sudah dikonsultasikan di tingkat pusat termasuk ketua komite dan kami. Jadi, langkah yg sudah diambil tidak ada masalah," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, 10 Oktober 2020
 
Namun, tegas Doni, kebijakan itu tetap harus dievaluasi. Apalagi jika terjadi peningkatan kasus virus korona (covid-19).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kan juga sudah diingatkan Ketua Komite Penanganan Covid-19 (Airlangga Hartarto) soal gas dan rem. Sementara remnya mungkin agak dikendorkan mudah-mudahan adanya kesungguhan kita semua kasus aktif harian tidak bertambah," kata dia.
 
Baca: Anies Ingin Kendalikan Covid-19 di Jakarta Dengan Cara Ini
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan kembali ke masa PSBB transisi. Kebijakan berlaku selama dua pekan ke depan.
 
"Kami memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat secara bertahap dan memasuki PSBB Transisi mulai tanggal 12-25 Oktober 2020," kata Anies lewat keterangan tertulis, Minggu, 11 Oktober 2020.
 
Anies mengatakan keputusan didasari beberapa indikator. Antara lain, laporan kasus harian, kasus kematian harian, tren kasus aktif, dan tingkat keterisian rumah sakit rujukan covid-19.
 
Termasuk, grafik penambahan kasus positif dan kasus aktif harian stabil sejak dilakukan PSBB jilid II pada 13 September 2020.Selain itu, terlihat ada tanda awal penurunan kasus positif harian dalam tujuh hari terakhir. Melandainya kasus terlihat dari grafik kasus positif onset serta nilai reproduksi virus (RT).
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif