Andrew Carnegie (Foto:Carnegie.org)
Andrew Carnegie (Foto:Carnegie.org)

5 Orang Kaya Dermawan yang Menginspirasi

Nasional olx
Rosa Anggreati • 30 Juni 2016 00:00
medcom.id, Jakarta: Menjadi kaya tak lantas kikir menyimpan hartanya sendiri. Kalimat tersebut cocok menggambarkan lima orang kaya paling dermawan sedunia ini.
 
Mereka tak segan mengucurkan hartanya untuk membantu sesama, bahkan ada di antara mereka yang menjadi filantropis, dermawan yang menyumbangkan hartanya untuk beramal.
 
Siapa saja kelima orang kaya dermawan tersebut?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Andrew Carnegie
 
Andrew Carnegie merupakan miliarder pertama yang menjadi filantropis, jauh sebelum Bill Gates lahir, apalagi Mark Zuckerberg. Saat meninggal pada 1919, Andrew Carnegie menyumbangkan lebih dari 90 persen hartanya atau sekira USD350 juta atau setara dengan USD4,8 miliar saat ini, dihitung dengan inflasi.
 
2. Bill Gates
 
5 Orang Kaya Dermawan yang Menginspirasi
(Foto: Forbes)
 
Pendiri Microsoft ini terkenal akan kekayaan dan sifatnya yang murah hati. Sejak 2009, Bill Gates bersama istri mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation. Melalui yayasan tersebut, Bill Gates menyumbangkan 90 persen hartanya untuk bidang kesehatan, pendidikan, dan pemberantasan kemisikinan.
 
3. Mark Zuckerberg
 
5 Orang Kaya Dermawan yang Menginspirasi
(Foto: Forbes)
 
CEO Facebook, Mark Zuckerberg dan istri, Priscilla Chan, mendonasikan 99 persen sahamnya atau kekayaan setara USD45 miliar ke perusahaan filantropi milik mereka, Chan Zuckerberg Initiative. Mark dan istri juga pernah menyumbangkan USD25 juta untuk memerangi wabah virus Ebola yang menyerang Afrika, beberapa waktu silam.
 
4. Tahir
 
5 Orang Kaya Dermawan yang Menginspirasi
(Foto: Forbes)
 
Tahir masuk daftar orang terkaya di Indonesia ke-12 versi majalah Forbes. Dia juga salah satu orang paling dermawan di dunia yang tergabung dalam klub Giving Pledge. Pemilik Tahir Foundation itu juga dikenal sebagai filantropis. Dia menyumbangkan USD75 Juta untuk kesehatan.
 
5. Irwan Hidayat
 
5 Orang Kaya Dermawan yang Menginspirasi

(Foto: MI/Sumaryanto)
 
Pemilik usaha jamu Sidomuncul ini dinobatkan majalah Forbes, sebagai salah satu orang Indonesia paling dermawan. Menurut Forbes, kedermawanan Irwan terlihat dari kesediaannya US$280 ribu untuk mengadakan mudik gratis bagi pekerja penghasilan rendah setiap tahun. Hal tersebut telah dilakukan Irwan sejak 22 tahun lalu. Tak cuma itu, sejak 2010, Irwan mendonasikan USD2,5 juta per tahun untuk operasi mata gratis bagi 12 ribu orang penderita katarak.
 
Kelima orang tersebut telah membuktikan bahwa dengan mendermakan uang tak serta merta membuat mereka jatuh miskin. Sebaliknya, mereka makin bahagia dan tetap kokoh dengan predikatnya sebagai orang terkaya.
 
Anda ingin berbuat kebaikan seperti kelima orang dermawan tersebut? Bisa! Apakah harus menunggu menjadi sekaya Gates untuk berbuat kebaikan? Tidak. Jika Anda kekurangan dana sekalipun, sebenarnya Anda masih bisa mendermakan harta.
 
Salah satu terobosannya, Anda dapat memanfaatkan program Bekas Jadi Berkah yang digagas oleh OLX Indonesia.
 
Caranya bagaimana? Coba lihat di rumah, kantor, atau kos-kosan Anda, pasti ada barang bekas tak terpakai yang masih layak digunakan. Nah, barang itu bisa Anda jual di OLX. Uang hasil penjualan nantinya dapat Anda gunakan untuk beramal dan membantu sesama.
 
Program Bekas Jadi Berkah bertujuan menginspirasi masyarakat Indonesia dalam memberikan bantuan kepada yang membutuhkan dengan memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai.
 
5 Orang Kaya Dermawan yang Menginspirasi
 
"Setiap orang pasti memiliki barang yang tidak terpakai di rumahnya. Handphone lama, stroller bayi, peralatan elektronik, sepeda anak, dan masih banyak lagi. Kami ingin mengajak jutaan masyarakat Indonesia untuk dapat memanfaatkan barang-barang ini untuk membantu orang lain,” ujar CEO OLX Indonesia Daniel Tumiwa, dalam Konferensi Pers Bekas Jadi Berkah 2016, di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu, 25 Mei 2016.
 
Gerakan Bekas Jadi Berkah dimulai OLX sejak tahun 2014 dan sudah dirasakan manfaatnya oleh puluhan ribu pengguna. Pembeli di OLX mendapat manfaat ketika membeli barang barang bekas berkualitas baik dengan harga yang sangat terjangkau. Begitu juga penjual dapat memanfaatkan dana hasil penjualan untuk berbuat kebaikan.
 
Tahun ini, ada enam yayasan mitra yang akan menjadi tujuan penyaluran bantuan, yakni Yayasan Rumah Harapan, Yayasan Ronny Pattinasarany, Sahabat Veteran Indonesia, Red Nose Foundation, Gerakan Berbagi, dan Yayasan Tri Kusuma Bangsa. Yayasan-yayasan tersebut bergerak di berbagai bidang kegiatan sosial, di berbagai tempat di Indonesia.
 
Beberapa public figure ikut mendukung gerakan ini, seperti Melanie Subono, RidhoSlank, JFlow, Denada, Rene Suhardono, Sarah Sechan, Andira Pramanta, Yama Carlos, Demian dan Sara Wijayanto, Astrid Sartiasari, Ariyo Wahab, dan Kalina Ocktaranny. Mereka ikut menjual barang pribadinya yang sudah tidak lagi terpakai dan hasil penjualan akan disumbangkan melalui yayasan mitra OLX.
 
OLX.co.id, sebelumnya bernama Tokobagus.com danBerniaga.com, merupakan situs iklan baris online. Dengan lebih dari 3,4 miliar halaman dikunjungi, dan lebih dari 4 juta iklan baru terpasang setiap bulannya, OLX merupakan situs iklan baris online terbesar di Indonesia yang memberikan kesuksesan transaksi terbaik.
 
OLX.co.id menyediakan media yang mudah bagi para penjual untuk memasang iklan untuk dapat dengan cepat menjual barangnya, sekaligus menjadi media bagi pembeli untuk mencari beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhannya. Barang yang dapat dicari mulai dari handphone, komputer, perangkat rumah tangga, mobil, dan sepeda motor, properti hingga lowongan kerja, dan layanan lainnya.
 
Informasi selengkapnya mengenai program Bekas Jadi Berkah, silakan klik di sini.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif