Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Istimewa.
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Istimewa.

Dukung Ketahanan Pangan, Kasad Dudung Panen Padi Bersama Masyarakat Karawang

Juven Martua Sitompul • 02 Juli 2022 15:58
Jakarta: Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memanen padi bersama masyarakat Desa Kedung Jaya, Kec. Cibuaya, Karawang, Jawa Barat. Giat ini sebagai bentuk dukungan TNI AD terhadap ketahanan pangan wilayah.
 
Dudung memerintahkan seluruh jajaran TNI AD yang bertugas harus membawa dampak terhadap masyarakat. Hasil panen diyakini bisa lebih maksimal melalui pengawalan dan pendampingan jajaran TNI.
 
"TNI AD di mana pun bertugas harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat dan harus menjadi solusi karena itu sebagai bukti nyata TNI hadir untuk mengatasi kesulitan-kesulitan masyarakat. Dalam tujuh Perintah Harian KSAD, TNI AD di mana pun berada dan bertugas, kalian harus tanggap sekecil apa pun kesulitan rakyat dan kalian harus menjadi solusi," kata Dudung melalui keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu, 2 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dudung menjelaskan Presiden (Joko Widodo) telah memerintahkan agar TNI membantu menyejahterakan masyarakat dan juga prajuritnya. Salah satunya, terkait pemulihan ekonomi pascacovid-19. Ini berkaitan erat dengan kesejahteraan rakyat, TNI AD membantu menjalankan program pemerintah khususnya di bidang pertanian demi ketahanan pangan.
 
"Salah satunya, adalah budi daya tanaman produktif seperti padi, jagung, dan sebagainya dan kemudian hasilnya diutamakan untuk peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat penggarap dan prajurit. Dengan demikian taraf hidup dan kehidupan masyarakat sekitar akan terus membaik dan sejahtera," ujarnya.
 
TNI AD juga membentuk program 'TNI AD Manunggal Air' yang di canangkan Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak. TNI AD melalui satuan  Kostrad sebagai ujung tombak dilapangan melaksanakan program gravitasi, pompa hidram, dan sumur bor.
 
Hal ini terbukti ampuh mengairi lahan-lahan persawahan yang tidak ada air menjadi dapat air. Sehingga, menghasilkan hasil yang optimal. Lancarnya aliran air membuat pertanian berkembang.
 
Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran TNI AD, khususnya Kostrad. Dia mendoakan niat baik itu bisa melahirkan karya yang baik bagi Indonesia.
 
"Mudah-mudahan penen kita di hari ini dapat menjadi inspirasi buat anak muda lainnya agar semangat berkebun dan bercocok tanam di wilayahnya masing-masing," kata Cellica.
 

Baca: Antisipasi Krisis Pangan, Pemerintah Penuhi Stok Komoditas 11 Bahan Pokok


Di lokasi panen raya padi, Kepala Desa Kedung Jaya Tarjan Sudjana mewakili warga juga mengucapkan menyambut baik pengawalan dan pendampingan dari TNI. Sehingga, menghasilkan panen padi yang optimal.
 
Dalam kegiatan ini, dilaksanakan juga pemberian tali asih oleh Dudung, Cellica, dan Ketua Persit KCK Gabungan Kostrad Uli Maruli Simanjuntak kepada perwakilan warga dan prajurit Kostrad.
 
TNI AD melalui satuan Kostrad membuktikan kebersamaanya dengan masyarakat melalui penen raya padi di hamparan lahan seluas 37 hektare sawah. Sawah ini dikelola 30 kelompok tani bersama-sama prajurit Kostrad dengan rata-rata 1 hektare sawah menghasilkan 5 ton padi.
 
Dudung memanen padi dengan didampingi Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak yang diwakili Kaskostrad Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, dan Ketua Persit KCK Gabungan Kostrad Uli Maruli Simanjuntak.
 
Hadir pada acara tersebut Aster Kasad, Irkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Danrem 063/SGJ, Dandim Karawang 0604/KRW, Kapolres Karawang, Forkopimda Karawang, para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, serta Tokoh Pemuda (Penkostrad).
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif