Ilustrasi Garuda Pancasila. Antara/Irfan Anshori
Ilustrasi Garuda Pancasila. Antara/Irfan Anshori

BPIP: Teknologi 4.0 Jangan Justru Memecah Belah Bangsa

Nasional pancasila kesaktian pancasila BPIP
Fachri Audhia Hafiez • 16 November 2020 12:05
Jakarta: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengingatkan agar teknologi dimanfaatkan untuk arah kemajuan bangsa. Pemanfaatan teknologi tidak boleh digunakan untuk memecah belah bangsa.
 
"Teknologi 4.0 ini bukan kemudian memecah belah di antara kita semua dengan berbagai berita-berita yang tidak diklarifikasi yang menyebar ke berbagai pihak," kata Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina dalam webinar bertajuk 'Aktualisasi Nilai Pancasila di Kalangan Mahasiswa dalam Merawat Kebhinnekaan di Masyarakat', Senin, 16 November 2020.
 
Rima menyayangkan jika masih ada pihak yang masih menggunakan teknologi tidak untuk ruang positif. Teknologi mestinya menjadi alat untuk mempererat keutuhan berbangsa bernegara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mampu mempererat ikatan NKRI (Negara Kesatuan RI) terutama kita manfaatkan sebesar-besarnya untuk membantu menciptakan kesejahteraan sosial," ucap Rima.
 
Baca: BPIP: Konsensus Nilai-nilai Pancasila Diwujudkan dengan Gerakan Revolusi Mental
 
Di sisi lain, Rima juga menekankan empat konsensus tentang nilai kebangsaan yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Keempat dasar kebangsaan itu, jika diterapkan setiap warga negara, akan mendorong merawat Indonesia di tengah pluralisme.
 
"Kita melaksanakan konsensus. Kita bersama-sama mendirikan Indonesia dengan dasar Pancasila dan UUD 1945. Salam satu kesatuan wilayah NKRI dengan berbhinneka tunggal ika," ucap Rima.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif