Presiden Joko Widodo di Natuna. Foto: Biro Pers Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo di Natuna. Foto: Biro Pers Setpres/Laily Rachev

Jokowi Pastikan Kapal Asing Pencuri di Natuna Bakal Diusir

Nasional Laut Natuna Utara
Damar Iradat • 08 Januari 2020 16:41
Natuna: Presiden Joko Widodo meminta penegakan hukum hak berdaulat di wilayah perairan Natuna, Kepulauan Riau, tetap berjalan. Perairan Natuna merupakan hak berdaulat Indonesia atas sumber daya alam di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).
 
"Kenapa di sini hadir Bakamla dan Angkatan Laut? Untuk memastikan penegakan hukum yang ada di sini," kata Jokowi saat meninjau KRI Usman Harun 359 dan KRI Karel Satsuit Tubun 356 di Pangkalan Angkatan Laut Terpadu Selat Lampa, Rabu, 8 Januari 2020.
 
Kapal asing Tiongkok memasuki wilayah Indonesia. Kapal-kapal itu berada di ZEE Indonesia, bukan laut teritorial Indonesia, di mana di zona tersebut kapal internasional dapat melintas dengan bebas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang ada (kapal asing) hanya masuk ke zona ekonomi eksklusif. Itu lewat semua kapal bisa," ucap dia.
 
Indonesia memiliki hak atas kekayaan alam di dalamnya dan berhak menggunakan kebijakan hukum di zona itu. Indonesia berhak menangkap atau menghalau kapal asing bila memanfaatkan kekayaan alam di dalamnya secara ilegal.
 
Jokowi menegaskan wilayah Kepulauan Natuna merupakan teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kepulauan tersebut beserta perairannya secara administratif termasuk dalam Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, yang menjadi kabupaten terluar di sebelah utara.
 
"Di Natuna ini penduduknya sebanyak 81 ribu jiwa, juga ada bupati dan gubernur (Kepulauan Riau). Jadi jangan sampai justru kita sendiri bertanya dan meragukan. Dari dulu sampai sekarang Natuna ini adalah Indonesia," tegas Jokowi.
 
Dia menegaskan tidak ada tawar-menawar wilayah kedaulatan Indonesia termasuk wilayah Kepulauan Natuna.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif