Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Indonesia Kembangkan Alat Uji Covid-19 Setara PCR

Nasional Virus Korona
Anggi Tondi Martaon • 14 Juli 2020 21:49
Jakarta: Indonesia mengembangkan RT-Lamp. Alat ini diklaim lebih murah jika dibandingkan polymerase chain reaction (PCR).
 
"Harganya juga bisa Rp10 juta rupiah per 100 reaksi (tes kit)," kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Juli 2020.
 
Meski murah, kualitas produk pengujian virus korona ini tidak kalah dengan tes PCR. Sensitivitas RT-Lamp itu setara tes PCR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dia (RT-Lamp) bukan rapid test, tapi punya kemampuan sensivitasnya hampir serupa dengan PCR," kata dia.
 
Baca: Zona Merah Masih Tersebar di 55 Kabupaten/Kota
 
Mantan Menteri Keuangan itu menjelaskan metode pengujian, yaitu memeriksa air liur. Rata-rata waktu pemeriksaan kit selama satu jam.
 
Bambang menyebut RT-Lamp dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Diharapkan, hasil pengujian selesai dalam waktu dekat sehingga bisa digunakan oleh masyarakat.
 
"Kami akan terus melakukan pengujian, kebetulan di labor BSL3 (Laboratorium Biosafety Level-3) sudah melakukan kultur virus," ujar dia.
 

(JMS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif