Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

BP2MI Bakal Pulangkan Ika Sulastri ke Indonesia

Nasional tki
Kautsar Widya Prabowo • 04 Juni 2020 21:59
Jakarta: Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) tengah berusaha memulangkan pekerja migran Indonesia (PMI) Ika Sulastri dari Riyadh, Arab Saudi. Sebab, Ika mengalami kekerasan fisik yang diduga dilakukan majikannya.
 
"Pasti (dipulangkan). Kita sedang berusaha menghubungi duta besar," ujar Kepala BP2MI Benny Rhamdani kepada Medcom.id, Kamis, 6 Juni 2020.
 
Benny mengatakan pemulangan PMI ke Tanah Air merupakan kewenangan Kedutaan Besar Repulik Indonesia (KBRI) Riyadh. BP2MI bertugas untuk menjemput yang bersangkutan dari Bandara Soekarno Hatta hingga ke tempat yang aman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: BP2MI Telusuri Kekerasan TKI di Arab Saudi
 
Benny mengklaim sejak Rabu, 3 Juni, telah memerintahkan jajarannya menghubungi Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Agus Muftuh Abegebriel. Dia memastikan Ika segera dipulangkan ke Indonesia.
 
Sebelumnya, dalam potongan percakapan pesan singkat WhatasApp, Ika Sulastri melaporkan kekerasan yang dialaminya. Ika menyebut luka sesar melahirkan sembilan tahun lalu kembali meradang lantaran harus naik turun tangga membawa beban yang berat.
 
Ika sudah mengajukan berhenti bekerja. Namun, dia harus membayar denda enam rial.
 
Kekerasan fisik lain juga sering dialami Ika. Dia mengaku kerap diludahi bahkan dijewer majikan hingga mengakibatkan luka serius.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif