Presiden Joko Widodo (tengah) meresmikan Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin (8/4/2019) - ANT/Puspa Perwitasari.
Presiden Joko Widodo (tengah) meresmikan Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin (8/4/2019) - ANT/Puspa Perwitasari.

APII dan Pemprov Diminta Jaring Wisatawan ke Kalteng

Nasional pariwisata bandara kalteng
Damar Iradat • 08 April 2019 19:36
Palangkaraya: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menugaskan Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Tjilik Riwut bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk menarik wisatawan ke Palangkaraya. Hal ini tak lepas dari perluasan Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya.
 
Dengan hadirnya bandara tersebut, pemerintah ingin agar jumlah wisatawan di Palangkaraya meningkat. Oleh karena itu, ia meminta APII dan Pemprov Kalteng bisa membuat ide wisata di wilayah ini.
 
"Saya menugaskan APII untuk bekerja sama dengan Pemda untuk mengcreate, untuk mempromosikan, untuk mencari ide wisata apa yang potensial di sini dengan hutan yang lebar, jenis-jenis makanan yang banyak, dengan tempat yang luas," kata Budi saat mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Terminal Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Senin, 8 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi menjelaskan penugasan AP II itu akan mendapat pelimpahan pengelolaan. Ia juga meminta agar dibentuk satu tim yang menginisiasi pariwisata di Kalteng.
 
Belum lagi, menurut pemerintah, Kalteng memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata. Apalagi, destinasi wisata juga tidak akan pernah habis dan selalu bisa dikembangkan.
 
(Baca juga:6 Strategi Pemerintah Dongkrak Devisa Pariwisata)
 
Apalagi sempat ada wacana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Palangkaraya. Perbaikan Bandara Tjilik Riwut ini, kata dia, juga tak lepas dari rencana pemindahan Ibu Kota.
 
"Palangkaraya adalah satu bandara atau wilayah yang merupakan pengembangan, apalagi ada rencana menjadi Ibu Kota negara," tutur dia.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan Terminal Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Diharapkan, kehadiran bandara ini bisa meningkatkan potensi ekonomi di Palangkaraya.
 
Kepala Negara berharap, kehadiran Bandara Tjilik Riwut bisa menjadi motor pertumbuhan ekonomi di Kalteng. Apalagi, menurutnya, jumlah penumpang di bandara juga cukup meningkat setelah direnovasi.
 
"Itu terlihat dari jumlah penumpang yang meningkat sangat tinggi dan juga pertumbuhan argo yang juga sangat tinggi," jelas Jokowi.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif