Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.

Trans-Jawa Dipastikan Tak 'Bajak' Penumpang Kereta

Nasional mudik Tol Trans-Jawa
Ilham Pratama Putra • 21 Desember 2018 13:48
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan keberadaan Tol Trans-Jawa tak akan 'membajak' penumpang kereta api. Dia menjelaskan pilihan transpotasi adalah bentuk fanatisme.
 
"Penumpang punya fanatisme sendiri-sendiri. Enggak turun. Bahkan di Cirebon kemarin penuh, walaupun sudah tahu dapat tiketnya susah," kata Budi kepada Medcom.id, di Stasiun Senen, Jumat, 21 Desember 2018.
 
Menurut dia, tol lebih mendukung kendaraan yang membawa logistik industri dan kegiatan ekonomi. Namun, pengaruhnya kepada mudik libur natal dan tahun baru 2018 bakal beda cerita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tol ini pasti dipilih bagi mereka yang membawa logistik. Agar permasalahan lantaran jarak dan waktu tempuh bisa diselesaikan dengan jalan Trans-Jawa," kata Budi.
 
Budi menjelaskan industri dan kegiatan ekonomi bisa terdistribusi lebih baik ke pelosok di sekitar tol. Tol bakal mendukung distribusi logistik.
 
Baca: Tol Trans-Jawa
 
"Jadi, distribusi merata tidak hanya di kota-kota besar saja seperti Jakarta, Semarang, Surabaya dan lain-lain," kata Budi.
 
Penikmat kereta api pun diyakini tak akan pindah ke lain hati. Pemudik diproyeksi tetap memilih menggunakan kereta ketimbang melintasi Tol Trans-Jawa yang resmi menghubungkan Jakarta-Surabaya.
 
"Jadi ya, masyarakat tidak terpengaruh dengan itu. Fanatis kereta ya tetap saja dengan kereta," pungkas Budi.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif