Ilustrasi penyebaran virus korona. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi penyebaran virus korona. Medcom.id/M Rizal

Survei: Ekonomi 41% Warga Tak Terganggu Selama Pandemi

Nasional Virus Korona Media Group pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional
Sri Yanti Nainggolan • 09 Januari 2021 04:43
Jakarta: Survei menunjukkan 41,6 persen masyarakat tak merasakan perubahan dalam segi finansial keluarga di masa pandemi covid-19. Namun, survei yang sama juga menunjukkan 31 persen ekonomi warga memburuk.
 
"Hanya 26,4 persen yang membaik," kata Direktur Eksekutif Index Indonesia Agung Prihatna dalam Survei Media Group News (MGN) Summit Indonesia 2021, Jumat, 8 Januari 2021.
 
Sebanyak 72,4 persen warga yakin ekonomi keluarga mereka dapat membaik jika pandemi covid-19 bisa teratasi pada tahun ini. Sebanyak 20,4 persen mengaku tak ada perubahan signifikan meski pandemi berakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mayoritas responden yakin mereka tidak akan dipecat dari pekerjaan, terlepas pandemi covid-19 masih berlangsung atau tidak. Hanya 17,2 persen yang sangsi masih bisa bekerja jika sanksi tak kunjung usai.
 
Biaya sekolah menjadi momok mayoritas warga selama pandemi dengan 37,8 persen responden. Disusul sembako (36,6 persen), biaya listrik/air (22,8 persen), kredit kendaraan (20,6 persen), dan kredit rumah (9 persen).
 
Baca: 2021, Bank Dunia Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI 4,4%
 
Survei MGN Summit Indonesia 2021 melibatkan 500 responden berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah. Metode yang digunakan adalah multiple random sampling dengan margin of error survei 5 persen.
 
Survei dilakukan pada 14-22 Desember 2020 dengan metode wawancara telepon menggunakan kuesioner. Responden berasal enam wilayah, yakni Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, serta Papua. Rentang usia responden berada di rentang 20-60 tahun.
 
Responden terdiri dari berbagai latar belakang pekerjaan, mayoritas berprofesi mahasiswa, petani/nelayan, dan pegawai swasta. Sementara, jenjang pendidikan terbanyak adalah lulusan SLTA dan sarjana dengan komposisi gender seimbang.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif