TNI-Polri apel bersama di Monas, Jakarta Pusat. Foto Humas Polda Metro Jaya.
TNI-Polri apel bersama di Monas, Jakarta Pusat. Foto Humas Polda Metro Jaya.

Antisipasi Demo Penolakan UU Ciptaker Susulan, TNI-Polri Apel Bersama

Nasional Omnibus Law Demo Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja
Siti Yona Hukmana • 12 Oktober 2020 12:17
Jakarta: TNI-Polri apel bersama di Monas, Jakarta Pusat. Apel itu digelar untuk mengantisipasi demo susulan penolakan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) di Ibu Kota.
 
"Apel kesiapan pengamanan antisipasi unjuk rasa oleh TNI dan Polri di silang Monas yang dihadiri oleh Pangdam Jaya (Mayjen TNI Dudung Abdurachman) dan Kapolda Metro Jaya (Irjen Nana Sudjana)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus melalui pesan singkat, Senin, 12 Oktober 2020.
 
Apel itu digelar tadi pagi sekitar pukul 08.30 WIB. Apel diikuti oleh 2.000 personel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dilanjutkan dengan patroli di tempat-tempat rawan berkumpulnya massa yang akan unjuk rasa," kata mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat itu.
 
Polisi menerima informasi bakal ada unjuk rasa susulan hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Pengalihan arus dilakukan guna mencegah penumpukan kendaraan.
 
Baca: Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana Merdeka
 
Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan telegram pelarangan demontrasi di tengah pandemi. Ini dilakukan demi mencegah terjadinya klaster baru penyebaran covid-19.
 
Polisi mengantisipasi adanya kerusuhan seperti demo pada Kamis, 8 Oktober 2020. Sebanyak 1.192 orang ditangkap imbas demo berujung ricuh tersebut.
 
Ribuan orang itu berasal dari berbagai kalangan. Ada yang disebut kelompok anarko, buruh, mahasiswa, dan siswa sekolah teknik menengah (STM).
 
Akibat kerusuhan itu, sejumlah fasilitas umum dan fasilitas kepolisian rusak. Seperti 18 pos polisi dan 20 halte TransJakarta dirusak bahkan dibakar.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif