Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Jokowi Ungkap Hasil Pembangunan dari Dana Desa Rp400,1 Triliun

Nasional Jokowi dana desa bumdes pembangunan desa
Theofilus Ifan Sucipto • 20 Desember 2021 10:26
Jakarta: Uang Rp400,1 triliun telah dikucurkan untuk dana desa sejak 2015 hingga 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut manfaat anggaran itu dirasakan nyata masyarakat.
 
“Yang kita bangun bukan hanya yang besar, seperti jalan tol dan bandara, tetapi jalan di kampung, embung, dan memperbaiki pasar rakyat,” kata Jokowi di Hotel Bidakara Jakarta, Jakarta Selatan, Senin, 20 Desember 2021.
 
Jokowi memerinci jalan desa sudah terbangun sepanjang 227 ribu kilometer. Pembangunan lain, yakni 4.500 embung kecil, 71 ribu irigasi, dan 1,3 juta meter jembatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pasar desa 10.300 unit dan BUMDes (badan usaha milik desa) saat ini mencapai 57.200 unit. Ini (hasilnya) kelihatan,” papar Kepala Negara.
 
Baca: Presiden Diharap Menimbang Usulan Revisi Peruntukan Dana Desa
 
Selain infrastruktur, kata Jokowi, dana desa dialokasikan untuk peningkatan kualitas hidup. Fasilitas air bersih di desa seluas 1,2 juta kilometer telah terbangun.
 
Dana desa juga dipakai untuk pembangunan 38 ribu pos pelayanan terpadu (posyandu), 12 ribu pondok bersalin desa (polindes), 38 juta drainase, dan 59 ribu sumur. Pemerintah turut mendirikan 56 ribu pendidikan anak usia dini (PAUD).
 
“Ada fasilitas olahraga, MCK (mandi cuci kakus), semua dalam rangka peningkatan kualitas hidup rakyat desa,” jelas Jokowi.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif