Jakarta: Ombudsman menerima 1.621 laporan masyarakat terkait pandemi covid-19 sejak April 2020. Masalah bantuan sosial (bansos) covid-19 paling sering dilaporkan.
“Sebanyak 83 persen atau 1.346 laporan menyangkut bansos,” kata anggota Ombudsman Adrianus Meliala dalam telekonferensi, Kamis, 28 Januari 2021.
Menurut dia, 176 pengaduan terkait ekonomi dan kesehatan selama pandemi covid-19. Kemudian, 52 pengaduan soal transportasi, 39 laporan menyangkut pelayanan kesehatan, dan delapan laporan soal keamanan.
Baca: Polres Cianjur Selidiki Kasus Bansos Ayam Hidup
Substansi pengaduan sektor keamanan terkait lambatnya respons kepolisian saat menerima laporan. Kemudian, warga menyoroti prosedur pengamanan di pintu masuk kedatangan orang, seperti bandara dan pelabuhan, yang dinilai tidak jelas.
“Ada juga masalah call center kepolisian tidak responsif terhadap masyarakat yang meminta informasi terkait pengamanan,” papar Adrianus.
Masyarakat, kata Adrianus, juga melaporkan penindakan pada pelanggar protokol kesehatan yang kurang tegas. Langkah itu dinilai tak sejalan dengan upaya pencegahan dan penanganan covid-19.
“Misalnya orang tidak pakai masker tapi dibiarkan atau pakai masker di mobil tapi tetap didenda,” terang dia.
Jakarta: Ombudsman menerima 1.621 laporan masyarakat terkait
pandemi covid-19 sejak April 2020. Masalah bantuan sosial (
bansos)
covid-19 paling sering dilaporkan.
“Sebanyak 83 persen atau 1.346 laporan menyangkut bansos,” kata anggota Ombudsman Adrianus Meliala dalam telekonferensi, Kamis, 28 Januari 2021.
Menurut dia, 176 pengaduan terkait ekonomi dan kesehatan selama pandemi covid-19. Kemudian, 52 pengaduan soal transportasi, 39 laporan menyangkut pelayanan kesehatan, dan delapan laporan soal keamanan.
Baca:
Polres Cianjur Selidiki Kasus Bansos Ayam Hidup
Substansi pengaduan sektor keamanan terkait lambatnya respons kepolisian saat menerima laporan. Kemudian, warga menyoroti prosedur pengamanan di pintu masuk kedatangan orang, seperti bandara dan pelabuhan, yang dinilai tidak jelas.
“Ada juga masalah
call center kepolisian tidak responsif terhadap masyarakat yang meminta informasi terkait pengamanan,” papar Adrianus.
Masyarakat, kata Adrianus, juga melaporkan penindakan pada pelanggar protokol kesehatan yang kurang tegas. Langkah itu dinilai tak sejalan dengan upaya pencegahan dan penanganan covid-19.
“Misalnya orang tidak pakai masker tapi dibiarkan atau pakai masker di mobil tapi tetap didenda,” terang dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(OGI)