Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. Dok. Istimewa
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. Dok. Istimewa

Libur Maulid Nabi 2021 Digeser, Ini Daftar Hari Besar Nasional Sepanjang Oktober

Sri Yanti Nainggolan • 11 Oktober 2021 13:48
Jakarta: Pemerintah memutuskan menggeser hari libur Maulid Nabi 2021 menjadi 20 Oktober 2021. Kebijakan ini diambil sebagai langkah antisipasi kemunculan kasus baru covid-19.
 
"Sebagai antisipasi munculnya kasus baru covid-19, hari libur Maulid Nabi digeser 20 Oktober 2021," ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta, Sabtu, 9 Oktober 2021.
 
Kamaruddin Amin menegaskan Maulid Nabi Muhammad SAW tidak berubah, tetap 12 Rabiul Awal. Namun, hari liburnya yang digeser sehari.
 
Baca: Antisipasi Kasus Covid-19, Libur Maulid Nabi Digeser Menjadi 20 Oktober
 
Selain hari libur Maulid Nabi 2021, bulan Oktober juga memperingati beberapa hari besar nasional. Berikut adalah beberapa hari besar nasional yang jatuh pada Oktober beserta sejarahnya, dikutip dari berbagai sumber. 

1 Oktober: Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan Presiden Soeharto di zaman orde baru memperingati keberhasilan menumpas gerakan anti Pancasila 30 September 1965 yang diyakini didalangi oleh Partai Komunis Indonesia. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski belakangan fakta sejarah seputar 30 September menjadi perdebatan akademisi, Hari Kesaktian Pancasila tetap menjadi momentum penting dalam memaknai arti besar Pancasila bagi bangsa Indonesia.

2 Oktober: Hari Batik Nasional

Pada 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) Batik didaftarkan pemerintah ke UNESCO dan berhasil masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda dari Indonesia yang ditetapkan UNESCO pada 4 September 2008.
 
Hari Batik Nasional diperingati tiap 2 Oktober.
Hari Batik Nasional diperingati tiap 2 Oktober. Foto: MI/Rommy Pujianto
 
Kemudian, pada 9 Januari 2009 UNESCO menerima pendaftaran tersebut secara resmi dan dilakukan pengujian tertutup pada 11-14 Mei 2009 oleh UNESCO di Paris.

5 Oktober: Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Pada 5 Oktober 1945, Maklumat Pemerintah Badan Keamanan Rakyat (BKR) menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Kemudian, nama itu diubah lagi menjadi Tentara Keselamatan Rakyat. Terjadi perubahan nama kembali menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) pada tahun 1946.
 
Presiden Sukarno kemudian mengubah lagi nama TRI menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 3 Juni 1947. Meski berubah nama, namun hari lahir kesatuan tersebut tetap diperingati setiap 5 Oktober.

20 Oktober: Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda tercetus dalam Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928. Kongres tersebut berlangsung selama dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). 
 
Hari Sumpah Pemuda diperingati tiap tanggal 28 Oktober. Ilustrasi/Medcom.id
Hari Sumpah Pemuda diperingati tiap tanggal 28 Oktober. Ilustrasi/Medcom.id
 
Para peserta Kongres Pemuda II, yang terdiri dari berbagai perkumpulan pemuda, sepakat merumuskan tiga janji yang kemudian disebut sebagai Sumpah Pemuda.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif