Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

3 Provinsi Tujuan dan Asal Pemudik Alami Peningkatan Kasus Aktif Covid-19

Kautsar Widya Prabowo • 18 Mei 2022 19:40
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut terdapat 16 provinsi yang masih mengalami peningkatan kasus aktif covid-19 dalam satu pekan terakhir. Sebanyak tiga di antaranya merupakan daerah tujuan dan asal pemudik.
 
"Provinsi yang menjadi tiga terbesar itu adalah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur," ujar juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara virtual, Rabu, 18 Juni 2022.
 
Pada data yang ia paparkan, DKI Jakarta menempati posisi pertama kenaikan kasus aktif mingguan. Tercatat dari pekan sebelumnya sebanyak 554 dan saat ini 884 kasus aktif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, Banten dari 244 menjadi 307 kasus aktif . Lalu, Jawa Timur dari 116 menjadi 171 kasus aktif.
 
Baca: Pelonggaran Memakai Masker Berlaku Besok
 
Satgas mendorong ketiga pemerintah daerah di tiga provinsi itu segera menekan laju kasus aktif covid-19. Salah satunya, dengan menggalakan testing, tracing atau pencarian kontak erat, dan treatment.
 
"Mari lindungi kelompok rentan di sekitar kita jangan sampai kita menjadi sumber penularan. Pastikan jangan membawa virus pulang," bebernya.
 
Kendati demikian, secara nasional kasus aktif dari 8 Mei hingga 15 Mei 2022 mengalami penurunan. Hal ini menujukkan rendahnya potensi penularan covid-19 di tengah masyarakat.
 
"(Dengan) didukung penanganan pasien covid-19 yang semakin baik sehingga orang yang tertular dapat segera sembuh," kata dia.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif