Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Pelonggaran Memakai Masker Berlaku Besok

Theofilus Ifan Sucipto • 17 Mei 2022 21:10
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 bakal mengatur lebih lanjut ketentuan pelonggaran memakai masker. Kebijakan itu berlaku mulai besok.
 
"Elaborasi arahan Presiden (Joko Widodo) akan dituangkan dalam beberapa kebijakan pengendalian covid-19 dan masa berlaku efektif per Rabu, 18 Mei 2022," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Wiku mengingatkan pelonggaran masker dilakukan saat beraktivitas di ruangan terbuka. Masyarakat juga perlu memastikan keadaan sekitar tidak dipadati orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk populasi rentan dan orang dalam keadaan tidak fit, tetap disarankan memakai masker untuk mencegah peluang tertular dan menularkan," ujar dia.
 
Wiku menegaskan kebijakan pelonggaran itu berdasarkan data dan kajian. Pemerintah melihat dinamika covid-19 di dalam maupun luar negeri.
 
"Serta memperhatikan prinsip kehati-hatian," kata dia.
 
Baca: Satgas Covid-19: Jaga Pola Hidup Sehat Meski Tak Wajib Pakai Masker
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Presiden menjelaskan hal itu diputuskan dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi covid-19 yang makin terkendali di Indonesia.
 
"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi dalam keterangan resmi yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Meski demikian, Presiden meminta masyarakat tetap menggunakan masker saat kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik. Lalu, masyarakat yang masuk kategori rentan seperti lansia atau memiliki penyakit komorbid, disarankan tetap menggunakan masker saat beraktivitas.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif