Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Catat, Ini Makanan dan Minuman yang Mesti Dihindari saat Sahur dan Berbuka

Adri Prima • 04 April 2022 19:58
Jakarta: Ibadah puasa sejatinya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun agar kondisi badan tetap fit selama menjalani bulan Ramadan, harus diimbangi dengan makanan dan minuman yang sehat saat sahur maupun ketika berbuka. 
 
Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

1. Gorengan


Mengonsumsi gorengan saat berbuka tidak masalah, namun jangan berlebihan. Sebisa mungkin kamu perlu membatasi konsumsi gorengan, terutama makanan yang digoreng dengan minyak yang sudah dipakai berulang kali. 
 
Gorengan mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko obesitas dan kolesterol jahat dalam tubuh. Gorengan juga dapat melambatkan pengosongan lambung, sehingga asam lambung akan naik dan tenggorokan menjadi panas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika kamu tetap ingin mengonsumsi gorengan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain jangan terlalu lama menggoreng, gunakan minyak yang lebih sehat, atau gunakan metode lain saat memasak, misalkan tumis, pepes, kukus, atau panggang.

2. Makanan yang terlalu manis


Makanan manis yang dianjurkan saat berbuka puasa adalah yang berasal dari jus atau sari buah alami seperti kurma. Sedangkan yang berasal dari gula rafinasi atau tambahan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. 
 
Makanan yang terlalu manis bisa membuat kadar gula darah melonjak dengan cepat, sehingga memberatkan kerja pankreas dalam menghasilkan insulin, meningkatkan risiko kegemukan, serta membuat kadar gula dalam darah melebihi batas normal (hiperglikemia). 

3. Makanan/buah mengandung gas


Makanan bergas seperti nangka, kol, durian, dan kedondong bisa merangsang peningkatan asam lambung di dalam tubuh. Dampaknya, kamu akan rentan mengalami gejala sakit maag seperti kembung, mual, perih, dan nyeri yang bisa mengganggu aktivitas berpuasa. 
 
Selama berpuasa, dianjurkan untuk menghindari makanan yang bisa merangsang produksi asam lambung. Misalnya makanan bergas, makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, dan minuman berkarbonasi.

4. Kafein


Sebisa mungkin, hindari konsumsi kafein (seperti cokelat, teh, kopi, dan minuman bersoda) saat puasa. Ini karena kafein dapat menimbulkan efek diuretik, yaitu efek yang bisa menyebabkan sering buang air kecil dan membuat kamu merasa cepat haus. 
 
Kafein juga bisa mengiritasi dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung, sehingga konsumsi kafein tidak dianjurkan pada pengidap sakit maag. Namun, jika kamu tetap ingin minum kopi saat puasa, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:  

5. Minuman dingin 


Alih-alih menghilangkan rasa haus, minuman dingin atau es justru bisa membuat pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Sebagai gantinya, kamu dianjurkan untuk minum air yang hangat atau tidak dingin saat berbuka puasa. Jika tetap ingin minum es, beri jeda sekitar 5-10 menit saat perut sudah lebih stabil.
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif