Ilustrasi Kartu Prakerja. Dok. Setkab
Ilustrasi Kartu Prakerja. Dok. Setkab

Cerita Peserta Kartu Prakerja Bisa Tambah Penghasilan

Nasional Virus Korona Kartu Prakerja
Cindy • 19 Mei 2020 16:48

Jakarta: Salah satu penerima layanan Kartu Prakerja, Roby Sandy, mengungkapkan manfaat program bagi pekerja yang terdampak pandemi virus korona (covid-19). Roby mampu mendapat penghasilan tambahan dari pelatihan tersebut.
 
"Saya ikut training japanese cheese cake, setelah selesai training saya praktikan di rumah. Coba jual online dan syukur menambah pemasukan," kata Roby di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Roby menuturkan pelatih yang bermitra dengan layanan Kartu Prakerja itu tidak hanya memberi latihan online. Mereka juga membimbing peserta untuk dapat menghasilkan uang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita dibimbing sampai bisa menjual dari apa yang kita latih. Meski pelatihan online tapi enggak abal-abal, ada manfaatnya," ungkap dia.
 
Baca: 224.615 Peserta Kartu Prakerja Diterima di Gelombang III
 
Setelah Roby diterima Kartu Prakerja, dia mendapat bantuan dana Rp3,55 juta. Kemudian dia diminta menyelesaikan satu pelatihan untuk diberi sertifikat dan insentif sebesar Rp530 ribu. Peserta Prakerja, kata dia, hanya dapat mengambil satu pelatihan dalam satu waktu.
 
"Selesai satu pelatihan, seminggu kemudian dapat sertifikat dan insentif. Malah lebih cepat harusnya 17 Mei baru cair tapi tanggal 15 Mei sudah cair," ucap Roby.
 
Peserta Kartu Prakerja dapat kembali memilih pelatihan-pelatihan lain untuk diikuti. Ada 1.000 pelatihan yang disiapkan oleh 220 lembaga pelatihan di delapan platform digital.
 
Sebanyak 224.615 peserta kartu prakerja diterima untuk gelombang III. Sehingga total peserta kartu prakerja yang diterima sejumlah 680 ribu orang.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif