Suasana sejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi kawasan Bundaran Bank Indonesia di Jakarta Pusat, Selasa, 25 Februari 2020/Antara/Winda Wahyu Fariansih
Suasana sejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi kawasan Bundaran Bank Indonesia di Jakarta Pusat, Selasa, 25 Februari 2020/Antara/Winda Wahyu Fariansih

Akibat Banjir Jakarta

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir Rangkuman Nasional
M Sholahadhin Azhar • 25 Februari 2020 22:59
Jakarta: Hujan deras Selasa dini hari, 25 Februari 2020, mengakibatkan banjir di beberapa titik DKI Jakarta. Ratusan warga meninggalkan rumahnya.
 
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan pihaknya fokus menanggulangi dampak banjir. Anies meminta waktu.
 
"Penanganannya sekarang sedang kita kerjakan. Kalau boleh izinkan saya bekerja sehingga bisa menuntaskan (persoalan banjir)," kata Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Selasa, 25 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akibat Banjir Jakarta
Ilustrasi hujan deras/MI/Fransisco Carolio Hutama Gani.
 
1. Ratusan warga mengungsi
 
Sebanyak 683 warga dari 185 kepala keluarga (KK) di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, yang terdampak banjir diungsikan ke Masjid Universitas Borobudur.
 
Baca selengkapnya di sini
 
Selain itu, 300 warga Kelapa Gading, Jakarta Utara, mengungsi. Banjir satu meter menggenangi pemukiman penduduk.
 
Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto menjelaskan ada lima titik pengungsian. Pusatnya yakni di Masjid At-Taqwa.
 
Baca selengkapnya di sini
 
Akibat Banjir Jakarta
Kondisi Mal Aeon usai diamuk warga/Antara Foto/Fakhri Hermansyah.
 
2. Rusuh di Mal Aeon
 
Warga melakukan unjuk rasa di Mal Aeon, Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur. Warga merasa wilayah resapan berkurang akibat pembangunan perumahan elite tersebut.
 
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Arie Ardian Rishadi, menyebut beberapa orang ditangkap akibat kericuhan itu.
 
Baca selengkapnya di sini
 
3. Ratusan sekolah diliburkan
 
Sebanyak 375 sekolah di DKI Jakarta terdampak banjir, akibat hujan deras, Selasa, 25 Februari 2020. Proses belajar mengajar diliburkan hari ini.
 
Gubernur Anies menyebut jumlah itu merupakan 4,7 persen dari total sekolah di Ibu Kota. Jika tak surut juga, besok sekolah terpaksa diliburkan.
 
Baca selengkapnya di sini
 
4. Ratusan RW di Jakarta terrendam banjir.
 
Sebanyak 294 RW di Jakarta digenangi air. Namun saat ini banjir sudah surut di sejumlah RW. Data Gubernur Anies, hingga kini hanya 236 RW yang masih terendam.
 
Surutnya genangan dibarengi ketinggian air di sejumlah pintu air ibu kota. Salah satunya, Pintu Air Manggarai dari 965 cm menjadi 850 cm.
 
Selengkapnya baca di sini
 
5. Seribu lebih gardu PLN padam
 
Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini menyebut 1.564 gardu distribusi yang masih padam akibat banjir. Jumlah itu berkurang, setelah sebelumnya ada 2.229 gardu distribusi yang dimatikan.
 
Saat ini, baru 638 gardu yang berfungsi. Baca selengkapnya di sini.
 
Akibat Banjir Jakarta
Kawasan Istana Kepresidenan terimbas banjir/Sekretaris Kabinet Pramono Anung
 
6. Banjir di Istana Merdeka
 
Sekretaris Kabinet, Pramono Anung menginformasikan air masuk ke kompleks Istana Kepresidenan sejak subuh tadi. Namun tak berselang lama, genangan air surut.
 
Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini menyebut genangan di Istana surut dalam dua jam. Tepatnya pada pukul 08.30 WIB.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif