Pekerja magang PT TransJakarta aksi di depan Gedung Balai Kota Jakarta. Foto: Medcom/Kautsar
Pekerja magang PT TransJakarta aksi di depan Gedung Balai Kota Jakarta. Foto: Medcom/Kautsar

Pegawai Magang TransJakarta Menuntut Jadi Pegawai Kontrak

Nasional transjakarta
Kautsar Widya Prabowo • 30 Desember 2019 21:23
Jakarta: Sejumlah pegawai magang PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) aksi di depan Gedung Balai Kota Jakarta. Mereka berharap Gubernur DKI Jakarta Anies Basewedan mendengar aspirasinya terkait status yang tak kunjung diangkat menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).
 
Salah satu pendemo, Cahyo, menyampaikan PT TransJakarta sempat berjanji akan mengangkat mereka menjadi PWKT setelah magang tiga bulan. Namun, janji manis tersebut tak kunjung terealisasikan hingga saat ini.
 
"Setelah tiga bulan kita dipanggil bukan untuk kontrak malah magang diperpanjang lagi magang tiga bulan," ujar Cahyo di depan Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Senen, 30 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan berat hati mereka melanjutkan kerja dengan status magang di perusahaan plat merah itu. Setelah enam bulan berjalan janji manis hanya tinggal kenangan.
 
"Keluar omongan dari perusahaan, kita buka lowongan bukan untuk PKWT tapi untuk magang, kita enggak pernah menjajikan untuk kontrak," tuturnya.
 
Usaha untuk meminta kejelasan kepada pihak sumber daya manusia (SDM) bukan menjadi keputusan yang tepat. Mereka justru diminta untuk angkat kaki dari PT TransJakarta.
 
"Enggak ada kejelasan sampai sekarang, yang kita mau kepastian. Kalau emang mau dikontrak, ya dikontrak. Jangan tunggu-tunggu lagi, kita sudah capek diberi harapan palsu," kesalnya.
 
Setelah itu, lima orang perwakilan karyawan magang diterima Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Taufan Bakri. Ia memastikan seluruh aspirasi telah dikumpulkan dan akan ditindalanjuti.
 
Pantau Medcom.id masa aksi yang menggunakan seragam putih hitam menggelar aksi sejak pukul 16.00 hingga 17.30 WIB. Mereka sehari-hari ada yang bertugas pelayan halte hingga pengamanan halte.

 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif