Suasana diskusi. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.
Suasana diskusi. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.

Komnas Perempuan: Islam Tak Menganjurkan Poligami

Nasional poligami
Arga sumantri • 15 Desember 2018 14:56
Jakarta: Komisioner Komnas Perempuan Imam Nahe'i menyebut poligami bukan ajaran agama islam. Ayat poligami ada sebagai cara Islam mengatur perilaku umatnya.
 
"Islam datang bukan menganjurkan poligami, tapi memberikan aturan dan pembatasan dengan syarat yang sangat sulit," kata Imam dalam diskusi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 15 Desember 2018.
 
Imam berpendapat, poligami ada di bumi sebelum Islam hadir. Kala itu, poligami terjadi tanpa aturan. Hadirnya ayat poligami dalam Alqur'an atau hadis, kata dia, bukan untuk memerintahkan umat muslim beristri lebih dari satu, tapi sebagai upaya mengatur perilaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sesuai dengan metodologi fiqih yang dikenal dalam Islam, ayat dalam poligami bukan menyuruh tapi mengatur poligami," ujarnya.
 
Baca: Negara Timur Tengah Disebut Larang Poligami
 
Imam menjelaskan, ada satu ayat yang tegas menyatakan kalau salah satu syarat utama poligami adalah mampu berlaku adil. Syarat ini, kata dia, menjadi satu poin yang hampir mustahil bisa dipenuhi manusia.
 
"Ini mungkin termasuk alasan Turki, Tunisia melarang poligami, syarat yang tidak mungkin bisa dilaksanakan adalah keadilan," jelasnya.
 

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif