Tim Basarnas Special Group (BSG) melakukan penyelaman untuk mencari puing dan jenazah korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat/Antara/Indriarto Eko Suwarso.
Tim Basarnas Special Group (BSG) melakukan penyelaman untuk mencari puing dan jenazah korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat/Antara/Indriarto Eko Suwarso.

Sejumlah Orang Reaktif Covid-19 Usai Rapid Antigen di Posko SAR JICT 2

Nasional pesawat hilang Pesawat Jatuh Sriwijaya Air Jatuh Sriwijaya Air Hilang Kontak Sriwijaya Air Indonesia Sriwijaya Air Jakarta to Pontianak Sriwijaya Air Loses Contact
Yurike Budiman • 14 Januari 2021 13:53
Jakarta: Sejumlah orang yang berada di lokasi pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dinyatakan reaktif covid-19 usai menjalani rapid test antigen. Tes cepat covid-19 ini digelar di posko utama Operasi SAR Sriwijaya Air SJ-182, Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
 
Rapid antigen dilakukan sejak hari kedua operasi SAR, Minggu, 10 Januari 2021. Mereka yang dinyatakan reaktif dari sejumlah unsur yang sempat memeriksakan diri di posko-posko kesehatan di Dermaga JICT II.
 
"Ya orang yang ada di sini. Yang memeriksakan diri, kan tidak semua memeriksakan diri. Tapi dari yang memeriksakan diri itu, ada petugas, ada media, ada relawan. Ternyata ya ada yang reaktif, banyak yang reaktif," kata Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (MAR) Rasman di Dermaga JICT II, Kamis, 14 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rasman tak membeberkan jumlah dan unsur pihak yang dinyatakan reaktif. Dia hanya menegaskan seluruh unsur untuk terus menjaga protokol kesehatan.
 
"Artinya, di sekeliling kita ini ada wabah itu. Saya menekankan untuk kita disiplin terhadap protokol kesehatan. Angkanya ada di petugas kesehatan, hanya saya dilaporkan banyak yang reaktif," ujarnya.
 
Baca: Kejar Waktu, Basarnas Fokuskan Pencarian Korban dan CVR
 
Mereka yang reaktif covid-19 langsung ditindaklanjuti sesuai prosedur. Saat ini pihak-pihak tersebut tidak diperbolehkan berkegiatan SAR, baik di posko utama maupun di lokasi pencarian Sriwijaya Air SJ-182.
 
"Langsung di-swab, kemudian langsung diisolasi. Tidak boleh lagi berkeliaran di sini. Langsung diisolasi, tidak boleh berkegiatan lagi di sini," kata Rasman.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif