Bus Sholawat di Makkah/Medcom.id/Sobih
Bus Sholawat di Makkah/Medcom.id/Sobih

Bus Sholawat akan Disetop Jelang Puncak Haji

Sobih AW Adnan • 27 Juni 2022 21:53
Makkah: Kendaraan operasional jemaah calon haji (JCH) Indonesia di Makkah, Arab Saudi atau Bus Sholawat akan dihentikan sementara mulai Senin, 4 Juli 2022 atau 5 Zulhijah 1443 Hijriah. Penghentian operasional Bus Sholawat untuk memperlancar puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) pada Rabu, 7 Juli 2022, bertepatan dengan 8 Zulhijah 1443 H. 
 
"Pemerintah Arab Saudi melalui Lajnah Naqabah (Organda setempat) menarik seluruh bus di Kota Makkah dan akan ditempatkan di poll Muzdalifah," kata Kepala Seksi (Kasi) Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Asep Subhana, di Makkah, Senin, 27 Juni 2022. 
 
Asep mengimbau jemaah haji dari Indonesia melaksanakan rutinitas salat lima waktu di tempat atau musalah yang disediakan hotel masing-masing. Selama penghentian operasional Bus Sholawat, jemaah tak perlu memaksakan diri salat di Masjidil Haram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun, untuk jemaah yang baru datang pada Zulhijah tetap kita layani dan diantar untuk melaksanakan umrah perdana atau qudum," kata dia.  
 
Bus Sholawat akan kembali dioperasikan pada Selasa, 12 Juli 2022 atau 13 Zulhijah 1443 H, usai rangkaian kegiatan ibadah di Armuzna rampung digelar. 
 

Baca: 1.972 Calon Haji Indonesia Diberangkatkan dari Madinah ke Mekkah 


"Tahun-tahun sebelumnya ada rute atau wilayah yang belum dibuka. Misalnya, wilayah Mahbas Jin itu bisanya bertambah sampai 2-3 hari atau baru dibuka pada 15-16 Zulhijah. Tapi, kita optimistis tahun ini bisa kembali dioperasikan lebih cepat karena jumlah keseluruhan jemaah haji berkurang," kata dia.   
 
Selama ini, Bus Sholawat melayani transportasi jemaah haji Indonesia secara gratis selama 24 jam. Kementerian Agama (Kemenag) menyediaka. 200 unit bus dan 20 unit cadangan untuk mengantarkan jemaah dari hotel menuju tiga terminal di dekat Masjidil Haram. 
 
Rute itu meliputi wilayah pemondokan jemaah di Mahbas Jin menuju Terminal Bab Ali, kemudian Syisya-Syib Amir, Raudah-Syib Amir, Jarwal-Syib Amir, dan Misfalah-Jiad. 
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif