ilustrasi/medcom.id
ilustrasi/medcom.id

Polisi: Bentrok Antarwarga di Maluku Tengah karena Konflik Lahan

Siti Yona Hukmana • 26 Januari 2022 14:00
Jakarta: Polisi membeberkan penyebab bentrokan antarwarga di Dusun Ori dan Kariu, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah. Bentrokan maut itu terjadi karena konflik lahan. 
 
"Antara dua desa ini ada konflik lahan sebelumnya," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Muhammad Roem Ohoirat saat dikonfirmasi, Rabu,26 Januari 2022. 
 
Roem mengatakan peristiwa terjadi pada Selasa, 25 Januari 2022. Peristiwa ini berawal saat salah satu warga yang sedang berkebun didatangi warga dari desa tetangga. Warga desa tetangga itu datang menegur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenapa anda sampai berkebun di situ, sementera lahan di situ masih sengketa," ujar Roem. 
 
Usai peneguran, suasana di lokasi memanas. Sebanyak 30-50 anggota Brigade Mobil (Brimob) dikerahkan ke lokasi dan diperkuat dengan anggota Polsek dan Koramil.
 
Situasi yang sudah kondusif kembali panas pada Rabu pagi, 26 Januari 2022. Menurut dia, tiba-tiba terjadi penyerangan sangat besar di Pulau Haruku. Sehingga, kata dia, anggota yang berjaga di lokasi kewalahan. 
 
Baca: Dugaan Penyidik Polres Jakbar Bekingi Mafia Tanah Diselisik
 
"Pagi tadi kami geser lagi satu pasukan satuan setingkat kompi (SSK) Brimob ke sana, dipimpin langsung oleh Kapolresta dan Dandim, namun sampai di sana sejumlah rumah sudah terbakar," beber Roem. 
 
Akibat bentrokan, dua orang warga meninggal dunia dan tiga luka-luka. Salah satu korban luka anggota Polsek Pulau Haruku berinisial Briptu FH. 
 
"(Dia) mengalami luka yang cukup serius di rahang dan saat ini sudah dibawa ke Ambon untuk dilakukan pengobatan," ucap Roem.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif