Dawam Rahardjo Menderita Diabetes Sejak Usia 40 Tahun

Sonya Michaella 31 Mei 2018 08:42 WIB
tutup usia
Dawam Rahardjo Menderita Diabetes Sejak Usia 40 Tahun
M Dawam Rahardjo. Foto: Antara
Jakarta: Putra almarhum cendekiawan Muslim M Dawam Rahardjo, Jauhari menuturkan Dawam telah menderita diabetes sejak usia 40 tahun.

Setelah dirawat di ICU RSI Cempaka Putih, Dawam menghembuskan nafas terakhir di usia 76 tahun, Rabu, 30 Mei 2018 malam.

"Bapak sudah sakit gula (diabetes) sejak umur 40-an. Tahun 2006 itu bapak gagal ginjal lalu tahun 2008 transplantasi ginjal di Tiongkok," kata Jauhari, ketika ditemui di rumah duka, kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis, 31 Mei 2018.


Puncaknya penyakit Dawam semakin parah sejak sembilan bulan terakhir. Saat itulah, lanjut Jauhari, Dawam sudah tidak aktif beraktivitas. Selama itu, Dawam juga diketahui bolak-balik rumah sakit untuk penyembuhan. 

"Transplantasi itu yang membantu bapak. Kemarin waktu dirawat memang dokter bilang bahwa penyakit gula bapak sudah menyerang ke semua organ tubuh," tutur Jauhari.

Almarhum pernah hampir tiga bulan penuh dirawat di rumah sakit namun kemudian meminta pulang ke rumah karena merasa bosan.

Selama hayatnya, pria 76 tahun kelahiran Solo, Jawa Tengah itu dikenal sebagai ahli ekonomi, pengusaha, cendekiawan, aktivis, pemikir Islam, juga penafsir. Penerima Yap Thiam Hien Award 2013 itu juga berperan besar dalam membangun masyarakat sipil yang berdaya di Indonesia.



(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id