Jokowi: Syachrul Anto Berkontribusi Besar Mengevakuasi Lion

Achmad Zulfikar Fazli 03 November 2018 15:05 WIB
Lion Air Jatuh
Jokowi: Syachrul Anto Berkontribusi Besar Mengevakuasi Lion
Presiden Joko Widodo/MI/Arya Manggala
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengapresiasi kerja Syachrul Anto, anggota tim evakuasi serpihan dan penumpang Lion Air PK-LQP, yang gugur dalam tugas. Syachrul dinilai sangat berkontribusi dalam pencarian korban dan badan pesawat JT610 itu.

"Beliau peran dan kontribusinya sangat besar dalam menemukan, baik black box maupun menemukan komponen pesawat," kata Jokowi usai menghadiri Indonesia Motorcycle Show di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu, 3 November 2018.

Baca: Anggota Tim Evakuasi Lion Meninggal Dalam Tugas


Syachrul gugur saat tengah menyelam demi mencari korban dan badan pesawat di Perairan Tanjung Karawang. Dia juga sempat dievakuasi ke Kapal Pertamina Victory dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Koja, Jakarta Utara. Nyawanya tak tertolong.

Jokowi berbelasungkawa atas meninggalnya Syachrul. Dia mendoakan yang terbaik untuk almarhum dan keluarga yang ditinggalkan.

Baca: Kepala Basarnas: Syachrul Anto Penyelam Militan

Dia menjelaskan ada 859 relawan yang bersama-sama mencari korban sekaligus mencari badan pesawat, termasuk black box. Pencarian itu berlangsung terus menerus.

Dia berharap tak ada lagi penyelam yang gugur dalam tugas. "Kita harap tidak ada kejadian penyelam yang meninggal di lapangan," ucap dia.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id