Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo/Medcom.id
Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo/Medcom.id

Evakuasi Warga Sekitar Anak Krakatau Dipercepat

Nasional Gunung Anak Krakatau
Dian Ihsan Siregar • 28 Desember 2018 21:19
Jakarta: Polri berusaha mempercepat proses evakuasi warga di titik terdekat Gunung Anak Krakatau. Status Anak Krakatau yang terus meningkat harus segera diantisipasi.

"BMKG setempat yang menganalisis dan meng-assesment, ini titik satu kilometer yang tidak aman. Maka Polri akan membantu melakukan evakuasi," tegas Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo di mabes Polri, Jakarta, Jumat, 28 Desember 2018.

Polri bekerja sama dengan pemerintahan setempat. Masyarakat dipindahkan ke titik aman yang sudah diputuskan pemerintah daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Longsor Memicu Perubahan Bentuk Gunung Anak Krakatau Tim tak menemukan kendala berarti dalam evakuasi. Tim di laut selalu memantau kondisi ombak agar evaluasi berjalan lancar.

Polri juga menerjunkan tim trauma healing. Pelayanan ini perlu mengingat masih banyak warga yang trauma.

"Dapur Brimob juga terus berikan bantuan logistik dan sebagainya," ucap dia.

Baca: Erupsi Anak Krakatau Tak akan Sedahsyat 1883

Di sisi lain, erupsi Gunung Anak Krakatau yang menyebabkan tsunami tak akan meluas. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menegaskan erupsi tak akan menyamai tragedi Gunung Krakatau pada 1883.  

"Kemungkinan seperti 1883 sangat kecil karena dapur magma Gunung Anak Krakatau tidak akan menyebabkan bencana besar dan tidak ada tsunami besar seperti tahun itu," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di gedung Graha BNPB, Jakarta Pusat, Jumat 28 Desember.


(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi